Jakarta(ANTARA News) - Indonesia menghasilkan beragam jenis kopi, termasuk kopi spesial (specialty coffee) yang punya ciri khas rasa dan aroma yang ditentukan lingkungan tumbuhnya.

Keunikan ini membuat kopi spesial bisa jadi sumber daya alam yang tidak bisa diklaim negara lain, kata Dr. Ir. Ade Wachjar M.Sc. di Jakarta, Kamis.

"Tidak usah khawatir specialty kopi diklaim negara lain karena rasanya tergantung letak geografis. Kopi Gayo (asal Aceh) kalau dikembangkan di Pengalengan Jawa Barat, rasanya akan berbeda," kata akademisi dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Untuk menghasilkan rasa khas, kopi harus tumbuh dalam situasi iklim tertentu sehingga letak geografis menjadi faktor krusial dalam penanaman kopi.

Beberapa daerah penghasil kopi spesial arabica di Indonesia adalah Sumatra Utara (kopi Mandailing dan Lintong), Aceh (kopi Gayo), Jawa Timur, Bali (kopi Kintamani), Sulawesi Selatan (Toraja-Kalosi), Nusa Tenggara Timur (Flores-Bajawa), dan Papua (kopi Baliem).

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013