Makassar (ANTARA News) - Kalla Group siap memasok kebutuhan cokelat Godiva, salah satu produsen coklat terbesar di dunia.

Media Officer HM Jusuf Kalla, Husain Abdullah dalam siaran pers dari Turki, Kamis mengatakan Kalla Group telah melakukan kontak bisnis dengan perusahaan Godiva di Istanbul Turki.

HM. Jusuf Kalla, bersama puteranya Solihin J. Kalla, dalam sebuah pertemuan informal dengan Dr. Zeki Ziya Sozen, Presiden Yildiz Holding, yang membawahi pabrik cokelat Godiva, saling bertukar informasi tentang peluang bisnis cokelat.

JK sapaan akrab Jusuf Kalla, yang berkunjung ke Istanbul untuk sebuah kegiatan ceramah umum tentang perdamaian di Universitas Fatih, mengungkapkan bahwa Indonesia salah satu produsen coklat terbesar di dunia, dan Sulawesi Selatan adalah pemasok terbesar coklat Indonesia.

Dr. Zeki Ziya Sozen Presiden Yildiz Holding, membenarkan bahwa Indonesia memang merupakan eksportir coklat terpenting di dunia, sekaligus pasar cokelat yang bagus dengan ekonomi yang bertumbuh pesat.

Karena itu, Zeki Ziya Sozen, melihat peluang besar untuk meningkat perdagangan coklat antara Turki dan indonesia.

Apalagi Godiva salah satu anak perusahaan Yilids memproduksi dan mengekspor coklat ke berbagai negara, yang secara langsung butuh bahan baku dari negara produsen buah dan butter coklat.

Menurut Solihin J. Kalla, perusahaannya berpeluang bekerja sama dengan Yilidz karena Godiva butuh pasokan cokelat.

Sementara Kalla Group mulai tahun ini, memproduksi 35 ribu metrik ton cokelat dalam bentuk butter, powder dan cocoa liquor.

Ihin, sapaan akrab Solihin J. Kalla, menegaskan jika Kalla Group siap memasok kebutuhan cokelat Godiva, karena potensi perkebunan cokelat di Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara yang kini sedang dikembangkan Kalla Group.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013