Sungai Cisadane tercemar oli bekas dari bocornya muatan truk hingga tercecer ke jalan tol sampai ke sungai cisadane dan menyebakan pencemaran,"
Tangerang (ANTARA News) - Sebuah truk yang membawa oli bekas sebanyak 22 ribu liter mengalami kebocoran muatan hingga tercecer ke jalan tol dan Sungai Cisadane Kota Tangerang, Banten.

"Sungai Cisadane tercemar oli bekas dari bocornya muatan truk hingga tercecer ke jalan tol sampai ke sungai cisadane dan menyebakan pencemaran," kata Kepala Managamen Lalu Lintas PT Jasamarga Cabang Jakarta - Tangerang Dadang Supriyadi di Tangerang, Kamis.

Dadang Supriyadi menuturkan, tercemarnya sungai cisadane oleh oli bekas berawal dari truk milik CV Bangka Satria Ekspres yang dikendarai oleh Ahmad Rizky berasal dari arah Jakarta dan akan menuju Tangerang, mengalami kebocoran muatan.

Saat tiba di kilometer 21, petugas PJR mendapatkan informasi dari petugas kepolisian yang berpatroli jika terdapat kendaraan membawa oli bekas mengalami kebocoran muatan.

Kemudian, petugas menghentikan kendaraan tersebut di kilometer 19 agar oli tidak banyak tercecer. Kendaraan yang akan menuju Cikupa tersebut pun diperiksa periksa.

"Dari hasil pemeriksaan petugas, ternyata lapisan bak truk hanya dilapisi plastik untuk menampung oli bekas itu sehingga mengalami kebocoran muatan," pungkasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, petugas pun menutupi ceceran oli itu dengan serbuk kayu yang dilakukan sejak pukul 19.00 WIB (10/4) hingga 04.00 WIB (11/4).

Ternyata, tumpahan oli di jalan itu mengalir ke sungai Cisadane. Hal tersebut diketahui setelah caat dan Lurah Karawaci melaporkan mengenai adanya pencemaran sungai cisadane.

"Jadi, tumpahan oli mengalir ke sungai cisadane. Sekitar pukul 06.30 WIB, ada laporan dari camat akan hal itu," ujarnya.

Terkait supir yang membawa oli bekas tersebut, Dadang mengatakan, pihaknya telah melakukan penahanan. "Supir dinilai lalai karena membawa oli tanpa pengamanan seperti drum melainkan dibungkus plastik," ujarnya.

Kepala BLHD KOta Tangerang, Affandy Permana mengatakan, hampir seluruh sungai cisadane tertutup lapisan oli bekas.

"Dari pengecekan, semua permukaan sungai tertutup oli bekas. Ini sudah masuk kategori pencemaran berat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013