Jakarta (ANTARA News) - DreamWorks Animation berencana membuat film dan serial televisi tentang Troll Doll, boneka troll berambut terang yang semula dibuat oleh nelayan dan penebang kayu asal Denmark bernama Thomas Dam berdasarkan legenda Skandinavia.

Boneka yang terkenal tahun 1960-an dan kembali pada era 1990-an itu akan diangkat ke layar lebar bekerja sama dengan veteran American Doll, Shawn Dennis, kata perusahaan itu pada Kamis.

Troll Doll yang awalnya dibuat oleh Thomas Dam tahun 1959 untuk putrinya selanjutnya berkembang menjadi boneka plastik kecil dengan rambut berwarna sangat terang dan menjadi boneka terkenal di Amerika Serikat tahun 1960-an.

Boneka itu makin populer tahun 1970-an hingga 1990-an, ketika ada video game dan pertunjukan televisi berdasarkan tokoh boneka itu.

Perusahaan Denmark, The Dam, pernah mencoba menghidupkan lagi boneka itu dengan nama "Trollz" namun kurang berhasil.

Sekarang mereka menjual hak cipta boneka troll kepada DreamWorks Animation, perusahaan publik yang antara lain memfilmkan "Kung Fu Panda", "How to Train Your Dragon", dan "Monsters vs. Aliens".

"Kami punya rencana besar untuk ini dan Shawn Dennis adalah orang yang tepat untuk mengepalai proyek ini," kata Ann Daly dari DreamWorks Animation seperti dikutip Hollywood Reporter.

"Ia akan memperkenalkan karakter ini kepada legiun penggemar baru di seluruh dunia," katanya.

Dennis mengatakan boneka troll berpotensi besar menarik minat anak-anak. "Troll merupakan salah satu merek yang langka dan disukai di seluruh dunia," kata Dennis melalui rilis.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013