ITS terima prodi sosial lewat SBMPTN

ITS terima prodi sosial lewat SBMPTN

Ilustrasi. Peserta mengerjakan soal saat mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (12/6). (ANTARA/Ampelsa)

Saat penerimaan pendaftar lewat jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN, red.) pada tanggal 17 Desember 2012 hingga 11 Februari 2013, ITS tidak menerima pendaftar dari program studi sosial,"
Surabaya (ANTARA News) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menerima pendaftar program studi sosial lewat jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

"Saat penerimaan pendaftar lewat jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN, red.) pada tanggal 17 Desember 2012 hingga 11 Februari 2013, ITS tidak menerima pendaftar dari program studi sosial," kata Humas SBMPTN Lokal Surabaya Dr Dra Ismaini Zain MSi di Surabaya, Jumat.

Didampingi anggota Tim Humas SBMPTN 2013 Panlok Surabaya Bekti Cahyo Hidayanto, dia menjelaskan bahwa program studi (prodi) sosial yang diterima ITS lewat SBMPTN adalah perencanaan wilayah kota (PWK), sistem informasi, dan manajemen bisnis.

"Ada satu lagi prodi sosial di ITS yakni desain produk (despro), tetapi pendaftar prodi Dispro tidak diterima lewat SBMPTN dan SNMPTN, namun lewat ujian masuk (UM) Dispro, karena prodi Dispro lebih bersifat seni, sedangkan SBMPTN lebih bersifat kognitif," katanya.

Ismaini Zain yang juga Kepala Akademik ITS itu menegaskan bahwa pendaftaran SBMPTN akan dibuka mulai 17 April di Sekretariat SBMPTN di Rektorat ITS Surabaya.

"Kalau panitia lokal pada tiga tahun lalu (2010--2012) dipegang Unair, panitia tahun 2013--2015 berganti ITS," katanya.

Di Sekretariat SBMPTN Panlok Surabaya di Rekrorat ITS itu akan berlangsung hingga 19 Mei. Namun, sejak 21 Mei hingga penutupan pada tanggal 7 Juni akan berpindah ke Gedung Robotika ITS, lalu ujian tulis akan dilaksanakan pada tanggal 18--19 Juni.

"Di Sekretariat, pendaftar bisa bertanya apa saja untuk membetulkan kesalahan pendaftaran melalui daring (dalam jaringan atau online) pada alamat http://ujian.sbmptn.or.id, apalagi panitia memberi kesempatan latihan pendaftaran secara online pada tanggal 22--26 April," katanya.

Ia menyarankan agar pendaftar SBMPTN untuk memperhatikan wilayah pendaftaran, daya tampung, jumlah peminat, dan persyaratan khusus dengan mengunggah laman SBMPTN 2013.

"Kalau wilayah pendaftaran keliru, karena semua prodi atau PTN yang dipilih ada di luar lokasi ujian, tentu akan sia-sia," katanya.

Saat ini, kata dia, prodi pilihannya adalah Saintek dan Soshum, bukan IPA dan IPS seperti dahulu.

"Kalau memilih satu program studi, bisa memilih PTN mana saja. Akan tetapi, kalau campuran (Saintek dan Soshum) atau 2--3 program studi, salah satu program studi harus pada PTN di lokasi ujian," katanya.


Pewarta: Edy M. Ya`kub
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Sila daftar melalui jalur seleksi selain SNMPTN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar