Itu hasil terbaik yang bisa saya dan Epung (mekanik) lakukan hari itu
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap motor Ali Adrian Rusmiputro, yang menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara, mencapai posisi tujuh pada debutnya di Superbike European Junior Cup (EJC) 2013 yang berlangsung di sirkuit Motorland Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (14/4) waktu setempat.

Berdasarkan data yang diterima Antara, Senin, pebalap berusia 19 tahun itu memulai pertarungan pada posisi sembilan di kiri sirkuit grid ketiga. Sejak start hingga finis, Ali saling susul dengan 15 pebalap bahkan sempat terjadi saling senggol.

"Saat itu saya mencoba memahami cara fight mereka. Sampai bendera finis dikibarkan saya berada pada posisi tujuh. Itu hasil terbaik yang bisa saya dan Epung (mekanik) lakukan hari itu," kata Ali kepada Antara lewat pesan singkat.

Sebelumnya, Ali telah melakukan uji coba pertama dengan motor baru Honda CBR 500cc pada sirkuit yang memiliki 18 tikungan itu. Pada latihan pertama, Ali yang sebelumnya menunggangi motor kelas 600cc itu mengaku hanya perlu sedikit penyesuaian pada beberapa tikungan dan melakukan beberapa perubahan motor.

Ia membuat catatan waktu 2 menit 28 detik pada posisi lima besar. Selanjutnya pada prakualifikasi, juara nasional 2011 kelas 250cc itu bercokol di urutan kesembilan.

Ali akan melanjutkan pertarungannya di Assen, Belanda, pada 28 April. "Kami akan mencoba lebih keras dan lebih baik saat di sana," ujar Ali yang berharap dukungan penuh agar dapat menorehkan hasil yang lebih baik.

Balapan selanjutnya berlangsung di kota Monza, Italia (12 Mei), kemudian Imola (30 Juni). Lalu pada 4 Agustus, ia akan turun di arena balap kota Silverstone, Inggris, dilanjutkan Nurburgring, Jerman, pada 1 September dan Magny Cours, Prancis pada 6 Oktober 2013.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013