Jakarta (ANTARA News) - Indonesia perlu menarik pengusaha Australia Barat untuk menanam modal mereka di kawasan-kawasan yang dekat negara bagian itu dan mengekspor hasilnya ke berbagai negara, kata ekonom Dorodjatun Kuntjoro Jakti, Senin malam.

Menurut mantan Menko Perekonomian ini, jalur laut di Selat Sunda dapat digunakan untuk mengangkut barang-barang ekspor ke Pakistan, Bangladesh atau negara-negara Afrika.

Pada perbincangan terbatas The First Murdoch Commission yang juga dihadiri lima wartawan Indonesia, guru besar Universitas Indonesia ini menyebut peluang juga terbuka bagi pengusaha Australia untuk membangun pelabuhan di Madura, Jawa Timur.

Dia memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh positif pada tahun-tahun mendatang dan menjadi pemain penting bersama China dan India.

Dorodjatun mengatakan pemimpin-pemimpin muda Asia Tenggara, China, India dan Australia perlu bertemu dan berdialog untuk menyongsong masa depan.

"Mereka jangan melupakan sejarah hubungan di antara negara-negara di kawasan itu sebagai bekal untuk mengambil keputusan yang arif dan bijaksana," kata Dorodjatun.

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013