Jakarta (ANTARA News) - Musisi Prince, Sting, Leonard Cohen, dan Marcus Miller akan memeriahkan festival jazz tahunan Montreux di Swiss, Juli mendatang.

Cohen akan membuka salah satu festival bergengsi di Eropa itu pada  4 Juli. Esoknya ia juga tampil pada acara  sama.

Prince akan tampil selama tiga hari, 13-15 juli. Montreux Jazz Festival ke-47 ini akan digelar mulai 4-21 Juli.

"Tiga malam, tiga pertunjukan, dia kembali lagi," tutur direktur festival Mathieu Jaton seperti dikutip Reuters.

"Kita tidak pernah tahu nanti bagaimana penampilannya, dengan siapa dia tampil, tapi kita tahu dia suka beri kejutan," katanya tentang penampilan Prince.

Tiket seharga 175-395 franc Swiss pun ludes terjual, sementara tiket untuk pertunjukan lainnya mulia dijual Jumat ini.

Selain musisi Prince dan Leonard Cohen, Sting akan tampil pada 16, grup elektronik Kraftwerk tanggal 17, Diana Krall 18, dan Joe Cocker 20.

Tidak hanya jazz, Montreux juga menghadirkan sejumlah musisi blues. Bonnie Raitt, Ben Harper, dan Charlie Musselwhite akan tampil tanggal 11 Juli. Brian May dari Queen dan Deep Purple akan nge-jam bareng tanggal 19, kata Jaton. 

Sesi musik asal Brasil akan diisi Claudia Reitte, Tulipa Ruiz, dan Gal Costa.

Marcus Miller, pemain bass yang mengalami kecelakaan di Swiss November tahun lalu akan naik panggung tanggal 21 Juli, menjadi pembuka untuk konser ulang tahun ke-80 Quincy Jones.

"Quincy akan memberi penghormatan untuk Claude di ulang tahunnya itu," jelas Jaton. Pendiri dan direktur festival jazz Montreux Claude "Funky" Nobs meninggal akibat kecelakaan saat bermain ski bulan Januari. Nobs menjadi direktur festival era 90-an.

"Wyclef Jean juga akan tampil lagi. Penampilannya yang terakhir, ia menggendong Claude Nobs di pundaknya. Konsernya berlangsung hingga jam empat pagi," kata Jaton, saat jumpa pers di Lausanne.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013