Palembang (ANTARA News) - Pelepasan sekitar 10.000 bibit ikan berbagai jenis ke danau Jakabaring mewarnai pembukaan kejuaraan voli pantai Djarum Asia Pasifik di Komplek Olahraga Jakabaring, Jumat.

Kejuaraan yang menyediakan hadiah total 30.000 dolar AS itu digelar persis di pinggir danau buatan yang juga pernah menjadi arena SEA Games 2011 itu.

Pelepasan bibit ikan yang merupakan bagian dari program "Go Green" itu dipimpin oleh Ketua KONI Pusat Tono Suratman, didampingi Ketua KONI Sulsel Muddai Maddang dan Deputi Menpora Bidang Pembinaan Prestasi Joko Pekik Irianto.

Namun pada pertandingan perdana di lapangan utama, tim Indonesia 1 yang diperkuat pasangan Putu Dini Jasita Utami/Dhita Julian gagal mempersembahkan kemenangan.

Unggulan ketiga tersebut menyerah kepada pasangan Australia 2 unggulan 11, yaitu Justine Mowen/Jordan Mowen melalui pertarungan rubber-set 16-21, 21-18, 12-15.

Putu Dini/Dhita akan kembali tampil pada pertandingan sesi sore menghadapi pasangan Jepang 1 (Shinako Tanaka/Anjiera Ishida) yang diunggulkan di tempat keenam.

Namun kekalahan tersebut dibalas rekan putra mereka, yaitu Tim Indonesia 1 (Fariansyah/Ade Chandra), unggulan kedua yang menang straight-set atas Tim Australia 2, unggulan sepuluh Owen Boland/Damien Schumann. 21-18, 21-19.

Tuan rumah Indonesia secara keseluruhan menurunkan tiga tim putra dan tiga tim putri pada kejuaraan yang diikuti delapan negara itu. Pada pertandingan hari pertama (Jumat), Tim putri Indonesia juga menurunkan Tim Indonesia 3 (Rika Dwi Lestari/Sulis Setyaningsih) yang akan menantang Kazakhstan 2 (Ekaterina Lassyuta/Anna Yelefernko).

Sementara pasangan Indonesia 2 (Nanda Ragilia/Riski Dwi Lastri) baru akan bertanding Sabtu (20/4) menghadapi pasangan Selandia Baru (Julia Tilley/Shaunna Polley).

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013