Ilmuwan-ilmuwan muda ini tidak hanya meningkatkan kemampuan ilmiah, teknis dan teknik, tapi juga meningkatkan kemampuan komunikasi mereka melalui aktivitas-aktivitas dalam kompetisi ini,"
Jakarta (ANTRA News) - Lembaga khusus edukasi tentang robot, Robotic Explorer bersama Sekolah Mahanaim, akan menggelar Lomba Robot Mahanaim 2013 dengan tema "Selamatkan Indonesia" di Bekasi pada 10 Mei 2013 mendatang.

Pendiri Robotic Explorer, Jully Tjindrawan melalui siaran persnya di Jakarta, Minggu menyatakan, kegiatanyang akan berlangsung pada Jumat, 10 Mei 2013, digelar di Mall Bekasi Town Square (BTS), Jawa Barat.

"Dalam lomba nanti, murid-murid akan diajak untuk mengembangkan kreativitas baik secara hardskill atau Softskill serta problem-solving melalui kompetisi robotik yang menantang, edukatif, dan kreatif," katanya.

"Ilmuwan-ilmuwan muda ini tidak hanya meningkatkan kemampuan ilmiah, teknis dan teknik, tapi juga meningkatkan kemampuan komunikasi mereka melalui aktivitas-aktivitas dalam kompetisi ini," katanya.

Menurut dia, yang menarik pada perlombaan ini adalah tema yang di usung "Selamatkan Indonesia". Selamatkan dari bencana, korupsi, terorisme, dan kejahatan apapun bagi negeri tercinta ini. Seperti salah satu video yang di unggah di Youtube dengan judul SAVE INDONESIA @SEKOLAH.

"Ini merupakan perwujudan nyata kreativitas seni tari anak bangsa yang peduli dengan keadaan Indonesia. Sudah selayaknya sebagai siswa atau warga Negara memberikan kontribusi dan prestasi yang positif melalui contohnya ajang kompetisi robotic," katanya.

Jully menjelaskan, dalam ilmu robotika terdapat beberapa bidang mata pelajaran seperti matematika, science dan teknologi, fisika dan desain. Ditambah Mekanika, Elektornika, Komputer Pemrograman.

Korelasi dengan pelajaran Matematika, menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menyajikan kondisi kondisi tertentu, dan menghitung mengukur dan mengestimasi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Adapun jenis Lomba Robot Mahanaim 2013 terdiri dari kategori: SD 1-3: merakit cepat, siswa merakit konstruksi model robot binatang secepat mungkin, SD 4-6: Indonesia Bersih dimana siswa memprogram robot untuk dapat membuang sampah ke tempat yang ditentukan.

Untuk SMP, yaitu Program Animasi Robot, siswa membuat karya animasi untuk menarik minat terhadap robotika dan SMA membuat konsep robot.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013