Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menginspeksi mendadak persiapan ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama di Jakarta Utara, Senin pagi.

"Pada pagi hari ini, saya berharap ujian nasional untuk SMP dapat dilaksanakan dengan lancar. Kita doakan semoga anak-anak bisa mengerjakan soal-soal UN dengan baik," kata M Nuh ketika di SMP Negeri 30 Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Mendikbud meminta pelaksanaan ujian nasional SMP itu dapat dikawal dengan ketat dan baik agar tidak ada siswa yang bertindak curang selama mengerjakan ujian.

"Saya mohon agar pengawasan dapat dilakukan dengan seksama agar tidak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN SMP ini," ujarnya.

Dia memeriksa persiapan naskah soal ujian dan kesiapan pengawas di sekolah tersebut.

"Saya juga mengucapkan terima kasih pada kepala sekolah, guru-guru, dan pengawas yang telah berusaha melaksanakan tugasnya dengan baik," lanjutnya.

Dalam sidak itu, Mendikbud memimpin doa untuk memulai hari pertama pelaksanaan UN di SMPN 30 Jakarta. Dia juga sempat bercengkrama dengan beberapa siswa yang sedang menunggu waktu dimulainya ujian.

Mendikbud memastikan bahwa pelaksanaan UN untuk tingkat sekolah menengah pertama dapat dijalankan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Hari ini pihak Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Budaya,red) merasa senang karena tidak ada lagi penundaan pelaksanaan UN. Tidak ada lagi jadwal UN yang digeser," katanya.

Pada kesempatan itu, pihak SMP Negeri 30 Jakarta Utara menyampaikan bahwa ada 164 siswa yang mengikuti ujian di sekolah itu.

Dalam inspeksi pelaksanaan UN sekolah menengah pertama itu, Mendikbud juga mengunjungi SMP Al-Khairiyah.

Mendikbud juga menekankan pentingnya kejujuran dan kepercayaan diri kepada para siswa dalam mengerjakan soal ujian.

"Kita semua harus jujur pada diri sendiri ketika mengerjakan soal, konsentrasi pada soalnya sendiri. Tidak perlu melihat soal temannya karena soalnya pasti berbeda," tutur M. Nuh.

Ujian nasional SMP akan dilaksanakan secara serentak mulai dari Senin, 22 April hingga Kamis, 25 April dengan empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia pada hari pertama, Bahasa Inggris pada hari kedua, Matematika pada hari ketiga, dan IPA pada hari keempat.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013