Awalnya biro perjalanan berjanji memberangkatkan kami pada 25, 28 Maret, dan 3 April 2013. Tapi hingga sekarang tidak ada kejelasan. Pihak agen cuma janji terus,"
Bekasi (ANTARA News) - Ratusan calon jamaah umroh dari sejumlah wilayah di Jawa Barat mendatangi agen perjalanan Adhy Tour&Travels di Kota Bekasi, Kamis, karena merasa tertipu.

"Awalnya biro perjalanan berjanji memberangkatkan kami pada 25, 28 Maret, dan 3 April 2013. Tapi hingga sekarang tidak ada kejelasan. Pihak agen cuma janji terus," ujar Koordinator jamaah, Ayu, di Bekasi.

Agen perjalanan yang berkantor di Jalan Jenderal Sudirman Km 31, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, dituding telah menipu 700 jamaah yang berasal dari Sukabumi dan sejumlah daerah lain di Jawa Barat.

"Masing-masing dari kami sudah membayar Rp16 juta untuk berangkat umroh," katanya.

Menurut dia, kedatangan jamaah ke lokasi itu untuk mengklarifikasi alasan belum keluarnya visa pemberangkatan mereka untuk beribadah ke Tanah Suci.

Para jamaah tersebut mengaku kecewa lantaran gagal bertemu dengan pemilik dari biro perjalanan tersebut.

Salah satu calon jamaah, Eva, mengatakan agen perjalanan berkilah bahwa visa belum bisa keluar karena sebagian besar calon jamaah dari Sukabumi adalah TKI. "Itu alasan bodoh. Rata-rata calon jamaah umroh justru Pegawai Negeri Sipil (PNS)," katanya.

Sementara itu, perwakilan Adhy Tour & Travels yang dihubungi melalui sambungan telepon belum dapat berkomentar seputar persoalan itu. (KR-AFR/Z003)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013