Koordinasi dan kolaborasi yang baik seluruh intansi terkait dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan mengurangi bahkan menyelesaikan permasalahan yang dapat mengganggu produksi maupun distribusi kebutuhan pangan,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia akan mendukung setiap usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui pengembangan komoditas unggulan daerah, kata Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah.

"Koordinasi dan kolaborasi yang baik seluruh intansi terkait dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan mengurangi bahkan menyelesaikan permasalahan yang dapat mengganggu produksi maupun distribusi kebutuhan pangan," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Oleh karena itu, menurut dia pada serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan BI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Mahdi Mahmudy kepada Arief Budi Santoso, koordinasi dan kolaborasi antarinstansi melalui TPID perlu dioptimalkan.

Selain itu, kata dia, seluruh instansi terkait diharapkan dapat membantu kelancaran dan kesuksesan proses transisi pengalihan fungsi pengawasan bank dari BI kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan direalisasikan pada 2014.

"Koordinasi antara BI dan OJK untuk mempersiapkan dan memperlancar proses transisi selama ini berjalan dengan baik, sehingga dijamin proses transisi tidak akan mengganggu dan mengurangi kualitas pengawasan bank yang selama ini dilakukan BI," katanya.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dalam situasi perekonomian makro yang cerah dan performa perbankan yang meningkat, para pejabat diharapkan tetap menjaga proses dialogis dan partisipatif.

"Proses dialogis dan partisipatif yang selama ini telah terpelihara dan dikembangkan harus tetap dijaga agar terjalin kondisi harmonis dan berkelanjutan antarlembaga," katanya.

Mahdi Mahmudy selanjutnya menduduki jabatan Kepala Perwakilan BI Wilayah VII (Sumatra Barat, Jambi, dan Kepulauan Riau), sedangkan Arief Budi Santoso sebelumnya menjabat Deputi Direktur BI Wilayah I Makassar.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013