London (ANTARA News) - Aktris Helen Mirren meraih penghargaan sebagai aktris terbaik di Olivier Awards, ajang penghargaan teater bergengsi di Inggris Raya.

Mirren (67) mendapat pujian untuk permainannya dalam "The Audience", drama karya Peter Morgan tentang pertemuan mingguan rutin antara Ratu Elizabeth dan 12 perdana menteri Inggris selama enam dekade pemerintahannya. 

Ia juga pernah memenangi Oscar pada 2006 atas perannya sebagai Ratu Elizabeth dalam film "The Queen".

Aktris itu juga mengatakan bahwa Ratu berhak mendapat penghargaan Olivier setelah mendapat penghargaan BAFTA atas dukungannya terhadap industri film dan televisi awal bulan ini.

"Saya rasa dia berhak dapat piala untuk komitmen dan konsistensinya selama abad 20 dan mungkin abad 21 juga," kata Mirren setelah menerima piala dari aktor Daniel Radcliffe.

Lawan main Mirren, Richard McCabe, mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Pendukung Terbaik atas perannya sebagai Perdana Menteri Howard Wilson.

Namun pemenang terbesar dalam ajang Olivier Awards ke-37 pada Minggu (28/4) adalah "The Curious Incident Of The Dog In The Night-Time".

Drama yang diangkat dari novel tahun 2003 karya Mark Haddon itu masuk nominasi untuk delapan kategori penghargaan dan sudah mendapat beberapa penghargaan pada separuh acara yang dihelat di Royal Opera House London.

Sementara Luke Treadaway mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik atas perannya sebagai Christopher, bocah genius penyandang autisme berusia 15 tahun yang berhasil memecahkan misteri pembunuhan anjing milik tetangganya.

"Buku itu menciptakan karakter utama yang luar biasa, orang-orang merasa sepertinya meski dia (Christopher) memiliki masalah dalam perilaku dan cara memandang dunia," kata Treadaway(28) kepada Reuters saat berjalan di karpet merah sebelum acara dimulai.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013