Los Angeles (ANTARA News) - Aktris Laura Linney, pemeran dalam drama TV "Mad Men" dan sutradara Sofia Coppola, serta George Lucas terpilih sebagai pemenang penghargaan tahunan Hollywood "Crystal and Lucy Awards" yang diberikan untuk menghormati prestasi perempuan di bidang film.

Organisasi Perempuan dalam Film, yang mempromosikan kesetaraan gender dalam bisnis film yang secara historis didominasi kaum laki-laki, akan menetapkan pemenang dari enam kategori penghargaan pada penggalangan dana di Beverly Hills pada Juni.

Linney, 49 tahun, yang dinominasikan sebagai aktris terbaik Oscar atas perannya dalam film "The Savages" 2007, akan menerima "Excellence in Film Award".

Sementara, lima aktris "Mad Men", Christina Hendricks, January Jones, Elisabeth Moss, Jessica Pare dan Kiernan Shipka, akan menerima "Excellence in Television Award".

Dalam serial "Mad Men", setiap aktris memainkan karakter yang mendefinisikan perubahan peran gender pada 1960-an di Amerika Serikat, demikian seperti yang dikutip dari Reuters.

Pemenang Oscar Coppola, 41 tahun, yang juga dinominasikan untuk Sutradara Terbaik Academy Award pada "Lost in Translation" 2003 akan menerima Penghargaan Sutradara Terbaik.

Sedangkan sutradara "Star Wars" George Lucas akan membawa pulang "Humanitarian Award".

Aktris remaja Hailee Steinfeld, yang dinominasikan meraih Oscar untuk perannya dalam film 2010 "True Grit," akan meraih "Face of the Future Award", sementara Rachel Morrison akan menerima "Vision Award" untuk bidang sinematografi.

Organisasi Perempuan dalam Film, mulai menyelanggarakan penghargaan ini pada 1977, demikian Reuters.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013