Jakarta (ANTARA News) - PT Indofood Sukses Makmur Tbk meraih penjualan bersih konsolidasi kuartal pertama tahun ini Rp12,86 triliun, naik 8,7 persen dari periode sama tahun lalu yang sebesar Rp11,83 triliun.

"Dalam hal kontribusi terhadap penjualan neto konsolidasi, Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP) memberikan kontribusi sekitar 45 persen, sedangkan Bogasari, Agribisnis dan Distribusi masing-masing memberikan kontribusi sebesar 26 persen, 21 persen dan 8 persen," ujar Direktur Utama dan CEO Indofood Anthoni Salim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, total nilai penjualan Grup CBP yang terutama terdiri dari divisi Mi Instan, Dairy, Makanan Ringan, Penyedap Makanan dan Nutrisi & Makanan Khusus bertumbuh 10,9 persen terutama didorong oleh pertumbuhan volume penjualan di seluruh divisi dalam Grup.

Grup Bogasari mencatatkan kenaikan total nilai penjualan sebesar 13,3 persen terutama disebabkan oleh kenaikan harga jual rata-rata dan volume penjualan.

Meski volume penjualan CPO dan gula meningkat, Grup Agribisnis mencatatkan penurunan total nilai penjualan sebesar 3,1 persen karena turunnya harga jual rata-rata produk kelapa sawit dan karet serta penurunan penjualan produk minyak dan lemak nabati.

Grup distribusi mencatatkan pertumbuhan total nilai penjualan sebesar 10,4 persen terutama karena peningkatan penjualan Grup CBP.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013