Bandung (ANTARA News) - Ribuan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Mandiri Indonesia (FSPMI) berkumpul di Gedung Sate, Bandung, untuk memperingati Hari Butuh Internasional pada Rabu.

"Kawan-kawan walaupun cuaca panas dan kita longmarch dari Cimahi, Gunung Batu, Pasteur, Fly Over Pasupati, akhirnya sampai juga ke tujuan kita, Gedung Sate. Semangat kawan-kawan," kata seorang orator dari KSPI yang menaiki mobil bak terbuka.

Dari arah Gedung baru DPRD Jawa Barat, massa buruh dari KASBI yang mengenakan kaos merah juga mulai berdatangan.

Menurut Kepala Bagian Operasi Polrestabes Bandung, AKBP Diki Budiman, massa yang berunjuk rasa di Gedung Sate berasal dari berbagai organisasi buruh seperti SPMI, KASBI, dan KSN.

Polisi memperkirakan, aksi massa akan berlangsung hingga tengah hari. "Bila massa menumpuk, baru akan adanya pengalihan arus," jelas Diki.

Selain di Gedung Sate, buruh juga melakukan aksi di depan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Sebanyak 2.226 personel yang terdiri atas polisi, tentara dan petugas pengamanan lain dikerahkan untuk mengamankan peringatan Hari Buruh di wilayah itu.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013