Palembang (ANTARA News) - Bisnis hotel di Palembang semakin menjanjikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi di kota itu yang meningkat signifikan seusai pelaksanaan SEA Games 2012.

"Tingkat hunian hotel di Palembang rata-rata 70--80 persen, hal ini yang melatari kalangan pebisnis berkeinginan membuka cabang di sini," kata Senior Wakil Presiden Bidang Operasi dan Pengembangan Swiss Belhotel International Emmanuel Guillard.

Ia mengemukakan, Kota Palembang mengalami pertumbuhan yang sangat dinamis dalam berbagai bidang, terutama pariwisata dan olahraga.

Hal itu dapat diukur dari jumlah kedatangan kalangan perseorangan di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

"Merambah bisnis pengelolaan hotel di Palembang merupakan cita-cita Swiss Belhotel sejak lama, karena terdapat 32 hotel yang tersebar di Indonesia. Rencananya, pada 2013-2015 akan membuka sekitar 58 hotel," ujarnya.

Pihaknya pun tertarik merambah pengelolaan hotel untuk jenis bintang dua (hotel budget) yang memiliki pangsa pasar sendiri di Kota Palembang, dan berharap terdapat perusahaan yang mau memfasilitasi keinginan itu.

"Terdapat segmen untuk kalangan masyarakat yang mampu menginap di hotel bintang dua, dan sepertinya Palembang memberikan potensi ini. Berbeda dengan Jakarta, Medan, Surabaya, dan Bandung yang lebih mengarah pada hotel bintang empat atau lima," ujarnya.
(*)

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013