Pengurus IMI Jambi harus siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di Provinsi Jambi,"
Jambi (ANTARA News) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Komjen Pol Nanan Sukarna meminta Pengprov IMI Jambi selain menunjukkan prestasi juga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di daerah.

"Pengurus IMI Jambi harus siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di Provinsi Jambi," kata Komjen Pol Nanan Sukarna saat melantik kepengurusan Pengprov IMI Jambi periode 2012-2016, di Jambi Sabtu.

Jenderal polisi bintang tiga itu mengatakan agar semua event olahraga bermotor mendapat rekomendasi terlebih dahulu dari IMI agar bisa lebih dikembangkan.

Saat ini prestasi olahraga bermotor Indonesia di tingkat nasional sudah cukup membanggakan, seperti Doni Tata dan Ivan yang berhasil meraih prestasi di event internasional balap motor.

Doni Tata dan Ivan saat ini sudah berada di rangking 24 dan 26 balap motor suporting GP, dimana kedua pebalap Jambi tersebut baru berkiprah di ajang internasional. Mereka baru pertama kali tampil namun sudah bisa tembus peringkat tigapuluh besar dunia.

Sedangkan di balap mobil GP2 ada pebalap nasional Rio Hariyanto yang juga sudah berprestasi di kancah internasional.

Kemudian juga ada pebalap Indonesia di nomor rely mobil, pebalap Rifat Sunggar dan Subhan Aksa yang juga disegani di tingkat Asia.

Selain meningkatkan prestasi olahraga seperti yang telah dilakukan IMI, setiap kegiatan atau event yang digelar IMI harus berkaitan dengan kegiatan sosial seperti bakti sosial yang bisa menjadi contoh mempererat kesatuan bangsa.

Dari sisi keanggotaan IMI, kepengurusan saat ini mengakui masih belum maksimal.

"Di Indonesia saat ini hanya ada sebanyak 280 orang, kita rasa harus ditingkatkan lagi karena di Australia dari jumlah penduduk 24 juta yang menjadi anggota IMI-nya di sana bisa mencapai 7 juta orang," katanya.

Di Indonesia jumlah penduduk yang mencapai 200 juta jiwa, anggota IMI-nya hanya 280 ribu orang dan itu dinilai masih sangat minim bila dibandingkan di Australia.

Sementara itu Ketua Pengprov IMI Jambi, Syafruddin, mengatakan, cukup banyak tantangan IMI Jambi kedepan namun ini akan dijadikan pemicu untuk meningkatkan prestasi olahraga otomotif di Jambi.

IMI Jambi minta dukungan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota untuk membangun fasilitas olahraga otomotif agar bisa tercapai program dan prestasi yang ditargetkan.

"IMI Jambi juga siap menjadi pelopor berlalu lintas di Provinsi Jambi," tegas Syafruddin. (N009/D011)

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013