Jakarta (ANTARA News) - Soleh Solihun, bintang dalam acara adu lawak "Stand Up Comedy" sekaligus penyiar radio, sekarang mulai menjejakkan kaki di dunia seni peran lewat film "Cinta Brontosaurus".

Saat diajak oleh sang sutradara, Fajar Nugros, Soleh mengatakan dirinya tidak perlu melewati proses audisi karena sang sutradara memang membayangkan sosok dirinya untuk berperan sebagai agen naskah Dika (Raditya Dika) di film tersebut.

Soleh berakting sebagai pria berdarah Sunda bernama Kosasih di film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Raditya Dika. Kosasih, yang juga merupakan nama ayah kandung Soleh, awalnya bukan nama karakter yang ditawarkan untuknya.

Soleh berimprovisasi sendiri dan itu bisa diterima sutradara sehingga karakter yang dimainkan dalam film itu berbeda dari skenario awal. Namanya Agung, bukan Kosasih, dan bukanlah pria berdarah Sunda dengan logatnya yang khas.

Soleh mengatakan, dia dibiarkan oleh sutradara untuk menjadi diri sendiri dalam film perdananya mengingat pengalaman akting yang belum seberapa.

"Saya cari nama Sunda yang catchy, Sunda banget. Saya mikir nama Kosasih, dan itu nama bapak saya," seloroh Soleh usai pemutaran "Cinta Brontosaurus" di Jakarta, Senin.

"Sebagai tribute buat bapak saya," guraunya, menambahkan bahwa sang ayah tidak tahu bahwa namanya dipakai dalam film tersebut.

Film yang dibintangi Raditya Dika, Eriska Rein, Soleh Solihun, Dewi Irawan, Meriam Bellina, Bucek, Tyas Mirasih, Pamela Bowie mulai tayang di layar lebar pada 8 Mei mendatang.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013