Penting upaya global kesehatan perempuan dan anak

Penting upaya global kesehatan perempuan dan anak

Sekjen PBB Ban Ki-moon (FOTO ANTARA/REUTERS/Minzayar)

Pada Abad 21, tak ada lembaga yang dapat menyelesaikan tantangan global sendirian saja.
PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB (Sekjen PBB) Ban Ki-moon, Selasa, menyerukan upaya global guna meningkatkan kesehatan perempuan dan anak.

Ketika berbicara dalam pertemuan gerakan "Every Woman Every Child" di Markas PBB, New York, Ban menekankan pentingnya untuk menggerakkan dan meningkatkan kegiatan di seluruh dunia guna menanggulangi tantangan global tersebut.

"Pada Abad 21, tak ada lembaga yang dapat menyelesaikan tantangan global sendirian saja. Tak ada monopoli pendapat yang baik. Itu sebabnya mengapa saya percaya sangat dalam pada kemitraan --kemitraan strategis." kata Ban, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Melalui kerja sama dengan para pemimpin dari pemerintah, organisasi multilateral, masyarakat sipil dan sektor swasta, gerakan "Every Woman Every Moment" --yang dipelopori oleh Sekjen PBB-- bertujuan menyelamatkan nyawa 16 juta perempuan dan anak-anak serta meningkatkan standar hidup satu juta orang lagi.

Gagasan yang berusia tiga tahun tersebut menyediakan panggung bagi 260 lebih mitranya dari sebanyak 70 negara untuk bertukar pendapat dan penyelesaian yang bisa menyelamatkan nyawa, kata Ban.

"Sekarang lah saat buat mitra baru dan lama untuk berbuat lebih banyak --sebab kita berpacu dengan waktu," kata Sekretaris Jenderal PBB itu.

Pada April, Ban meluncurkan penghitungan 1.000 hari menuju tenggat Sasaran Pembangunan Milenium, serangkai delapan sasaran pengentasan orang miskin untuk direncanakan dicapai paling lambat pada 2015.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar