Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

"Dengan memanfaatkan aliran air Sungai Putih, AHM mendirikan 2 unit PLTMH di Pekon Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu dengan kapasitas masing-masing sebesar 10.000 watt," ujar Head of Corporate Communication AHM Kristanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pembangunan PLTMH ini dilaksanakan bekerjasama dengan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Lampung dan Main Dealer Honda wilayah Lampung PT. Tunas Dwipa Matra.

Menurut dia, dari muara Sungai Putih, turbin yang dibangun akan menggerakkan generator yang nantinya menghasilkan listrik yang akan dimanfaatkan untuk menopang aktivitas produktif masyarakat yang tinggal di 150 rumah di dua desa dia wilayah kecamatan Suoh, kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung.

"Perusahaan berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi memajukan taraf hidup masyarakat Indonesia. Pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen tersebut yang juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat," ujar dia.

Ia mengungkapkan wilayah Suoh memiliki potensi hasil pertanian yang baik, seperti kopi, kopra, merica, dan coklat.

Pembangunan PLTMH untuk masyarakat Suoh ini merupakan program kedua yang telah dilakukan AHM dalam rangka pemberdayaan kehidupan masyrakakat melalui pembangunan PLTMH. Sebelumnya, AHM telah membangun fasilitas sejenis untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013