Freeport bangun lapangan terbang Ombani Tembagapura

Freeport bangun lapangan terbang Ombani Tembagapura

Sejumlah pekerja PT Freeport Indonesia menggunakan helikopter untuk berangkat kerja di Pos Emergenci Respons Grup (ERG) di Kuala Kencana, Timika, Papua, Rabu (2/11). Angkutan udara menjadi pilihan mutlak di banyak lokasi di Papua mengingat keterpencilan dan tantangan geografisnya. (FOTO ANTARA/Spedy Paereng)

... PT Freeport terpaksa melakukan potong dan timbun gunung... "
Timika, Papua (ANTARA News) - PT Freeport Indonesia sejak 2012 membangun lapangan terbang di Ombani, Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika untuk memudahkan akses bagi warga setempat.

Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishubkominfo Mimika, John Rettob, di Timika, Senin, mengatakan pekan lalu jajarannya meninjau lapangan terbang Ombani, Aroanop, yang sementara sedang dikerjakan.

Untuk membuka lapangan terbang di wilayah dataran tinggi dengan topografis bergunung-gunung terjal itu, tim PT Freeport terpaksa melakukan potong dan timbun gunung. Pekerjaan serupa dilakukan PT Freeport saat membangun lapangan terbang Mulu di Kampung Tsinga yang telah dioperasikan sejak 2011.

"Kami ke sana untuk melihat pekerjaan lapangan terbang Ombani, Aroanop. Kami memberikan beberapa masukan kepada PT Freeport karena di ujung landasan ada longsor," jelas Rettob.

Sebelumnya pada 2007, PT Freeport membangun lapangan terbang Mulu di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, sepanjang 600 meter dan lebar 18 meter dan selama ini rutin didarati pesawat jenis Pilatus Porter dan juga bisa didarati pesawat jenis Twin Otter. 

(E015)

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar