Salvador (ANTARA News) - Mantan pelatih Afrika Selatan Joel Santana meninggalkan klub Brazil Bahia Senin setelah melatih hanya lima pekan, sehari setelah tim itu kalah 3-7 atas klub saingan mereka, Vitoria.

"Pelatih mengerti bahwa dalam situasi seperti sekarang ia tidak mungkin meneruskan pekerjaannya di klub kami," demikian pernyataan yang dikeluarkan klub asal Salvador itu melalui laman mereka (www.esporteclubebahia.com.br).

Disebutkan bahwa Santana meninggalkan klub "atas kesepahaman bersama".

Menyusul kekalahan Minggu, sekitar 50 pendukung memasuki markas besar klub tempat para pemain menginap sebelum bertanding.

Media melaporkan mereka dibujuk polisi agar meninggalkan tempat itu sebelum pemain kembali dari bertanding.

Santana menolak memberikan keterangan jumpa pers setelah pertandingan, dengan hanya mengatakan, "Saya ingin pulang. Tidak ada yang ingin saya katakan."

Santana yang sukar berbahasa Inggris, menggantikan Jorginho yang mundur April setelah pertandingan mereka melawan Victoria berakhir dengan kekalahan 1-5. Ini merupakan kerja Santana keempat dalam klub itu.

Sebagai pelatih biasa di hampir sepanjang karirnya, Santana sempat membuat kejutan ketika diangkat sebagai pelatih tim Piala Dunia Afrika Selatan 2010, tapi dipecat delapan bulan sebelum turnamen dan digantikan Carlos Alberto Parreira.

Kejuaraan Brazil dimulai akhir Mei, tetapi enam dari 20 tim belum berhasil mendapatkan pelatih tetap mereka.

Bahia dan Nautico sudah dua kali ganti pelatih, disusul Flamengo, Vasco da Gama, Portuguesa dan Cricuma.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013