BIGHIT MUSIC kabarkan proses hukum terhadap para penguntit BTS

BIGHIT MUSIC kabarkan proses hukum terhadap para penguntit BTS

Agensi BTS, BIGHIT MUSIC kabarkan proses hukum terhadap para penguntit artis. (ANTARA/Instagram.com @bts.bighitofficial)

Jakarta (ANTARA) - Agensi BIGHIT MUSIC membagikan kabar terbaru tentang proses hukum kepada para penguntit yang melakukan serangan pribadi terhadap anggota BTS dan melanggar hak-hak sang artis. 
 
Melalui Soompi.com, Rabu, BIGHIT MUSIC merilis pernyataan terkait hal tersebut di akun media sosial Weverse mereka. Pihak agensi telah mengumpulkan sejumlah bukti untuk diberikan kepada pihak berwenang.
 
“Halo. Ini adalah BIGHIT MUSIC. Perusahaan kami secara teratur memulai proses hukum terhadap pelaku aktivitas jahat yang terkait dengan BTS,” tulis mereka di akun Weverse.
 
Beberapa kasus kejahatan yang dilakukan, antara lain pencemaran nama baik, serangan pribadi, pelecehan seksual, penyebaran informasi yang tidak berdasar, dan kritik yang bermaksud buruk.
 
“Selama kuartal ini, kami mengajukan beberapa pengaduan kriminal dengan lembaga penegak hukum berdasarkan bukti yang terkait dengan tindakan yang melanggar hak-hak artis, termasuk pencemaran nama baik, yang diajukan oleh penggemar kami serta dikumpulkan melalui pemantauan kami sendiri,” kata pihak BIGHIT MUSIC.

Baca juga: BIGHIT MUSIC tanggapi kabar pendaftaran wamil J-Hope BTS
 
Secara khusus, mereka telah mengumpulkan bukti mengenai seseorang yang berulang kali mengirim surat dan paket ke tempat tinggal artis hingga menyebabkan kerusakan pada pihak keluarga BTS. BIGHIT MUSIC pun mengajukan pengaduan pidana terhadap pelaku atas tuduhan melanggar hukum mengenai kejahatan penguntitan (Undang-Undang tentang Hukuman Kejahatan Penguntit).
 
Pengadilan telah mengeluarkan perintah penahanan sementara, dan penyelidikan jaksa sedang berlangsung. Pihak agensi tetap berkomitmen pada kebijakan toleransi nol dan tanpa kompromi dalam menangani kejahatan penguntit yang melanggar privasi dan keamanan BTS.
 
“Sebuah keputusan dijatuhkan pada kuartal kedua tahun 2022 yang menyatakan non gugatan dan menghentikan penyelidikan terhadap beberapa tersangka, dan kami mengajukan keberatan dan meminta penyelidikan ulang atas kasus-kasus ini,” kata agensi tersebut.

Baca juga: Suga BTS akan daftar wajib militer pada 22 September 2023
 
Akibatnya, melalui rujukan penuntutan, para pelaku akhirnya dinyatakan bersalah atas serangan pribadi dan pencemaran nama baik terhadap anggota BTS dan telah dijatuhi hukuman.
 
Selanjutnya, di antara para terdakwa pada kejahatan tersebut, ada seseorang yang berulang kali mengunggah komentar kasar yang kejam dan ofensif dalam portal berita daring. Orang tersebut secara teratur terlibat dalam puluhan kasus komentar jahat berintensitas tinggi di berbagai artikel.
 
“Kami telah mengumpulkan semua komentar terverifikasi dan mengajukan pengaduan pidana terhadap individu tersebut,” kata BIGHIT MUSIC.
 
BIGHIT MUSIC secara teratur mengumpulkan informasi tentang unggahan jahat mengenai BTS, melaporkannya ke pihak berwenang, dan mengambil tindakan hukum. Mereka ingin memberi tahu penggemar bahwa BIGHIT MUSIC telah mengambil langkah-langkah kuat terhadap unggahan bernada jahat yang terkait dengan semua anggota, termasuk anggota BTS yang saat ini sedang memenuhi dinas militer mereka.
 
“Kami meminta penggemar kami untuk terus menggunakan hotline urusan hukum kami (protect@bighitmusic.co.kr) untuk melaporkan setiap kasus pelecehan,” kata agensi dari BTS tersebut.

Baca juga: Bighit Music buka audisi global untuk "boy band" baru

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar