Amsterdam (ANTARA News) - Penentu kemenangan Chelsea, Branislav Ivanovic, mengatakan bahwa klubnya pantas menjadi juara Liga Europa dengan menang  2-1 dari Benfica Kamis dini hari tadi setelah melewati musim yang sulit.

Bek asal Serbia ini melepaskan sundulan penentu kemenangan di menit tambahan memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru, sehingga mengantarkan timnya berturut-turut memenangi dua tropi bergengsi setelah tahun lalu dan sampai 25 Mei nanti sukses untuk pertama kalianya merebut tropi juara Liga Champions.

"Tim layak untuk ini, karena kami telah melewati musim yang sangat sulit dan begitu banyak pertandingan," kata Ivanovic yang tidak tampil saat klubnya menjadi juara Liga Champions pada 2012 lewat adu penalti kala melawan Bayern Munich.

"Pada akhirnya hari ini adalah pertandingan yang sangat keras dan Benfica telah bermain sangat baik. Namun kami mencetak gol dari set piece dan bekerja sangat keras mempersiapkan ini sebagai bagian dari laga kami. Kami pantas mendapatkan tropi ini.

"Sungguh perasaan yang luar biasa dapat bermain di final, final Eropa lainnya untuk kami sebagai tim dan kemenangan besar bagi kami. Kini waktunya untuk merayakan."

Chelsea telah memainkan 68 laga secara maraton musim ini dan terlempar ke Liga Europa setelah menjadi tim juara Liga Champions pertama yang tersingkir dari fase grup musim kemudian.

Gelandang veteran Frank Lampard hampir mengantarkan timnya juara ketika tendangannya membentur tiang gawang.

"Tak ada yang lebih pantas untuk ini selain Ivanovic, dia fantastis," kata dia seperti dikutip Reuters. "Anda meraih keberuntungan Andai, dan kami tetap bersatu di grup ini.  Klub ini pantas juara."

Sementara Fernando Torres membuat Chelsea memimpin setelah mengecoh kiper Benfica Artur. Benfica kemudian menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Oscar Cardozo.

"Saya sangat senang. Ini pertandingan yang sangat berat dan Benfica tampil lebih baik di babak pertama," kata Torres. "Kami sungguh menginginkan menjuarai Liga Europa ini, dan mungkin ini akan menjadi satu-satunya kesempatan kami."

Sementara manajer interim Rafael Benitez yang akan mundur akhir musim ini memuji peningkatan permainan Chelsea pada babak kedua.

"Performa hebat di babak kedua melawan satu tim yang sangat bagus. Saya sungguh senang pada para pemain dan semua yang terlibat," kata Benitez yang pernah mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions kala bertugas di Anfield.

"Pemain-pemain telah bekerja dengan amat keras sepanjang musim. Saya bangga, ini tidaklah mudah. Saya sangat senang, sangat bangga," kata Benitez seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013