Namun, program tersebut tidak diselenggarakan oleh semua program studi,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menerima mahasiswa baru "International Undergraduate Program" atau program sarjana kelas internasional.

"Namun, program tersebut tidak diselenggarakan oleh semua program studi," kata Direktur Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Peni Wastutiningsih di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, program sarjana kelas internasional itu meliputi Program Studi Pariwisata, Bahasa Inggris, Ilmu Komputer, Kimia, Kedokteran, Ilmu Hubungan Internasional, Hukum, Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Ekonomi.

Selain program tersebut, UGM juga menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Ia mengatakan, hasil SNMPTN akan diumumkan pada 28 Mei 2013. Pendaftar SNMPTN di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia sekitar 779.000 orang

"Mereka harus bersaing ketat memperebutkan 130-150 ribu kursi di seluruh PTN di Indonesia, sehingga sebagian besar pendaftar belum dapat diterima di PTN melalui jalur SNMPTN," katanya.

Menurut dia, peserta SNMPTN yang tidak lolos, tidak perlu berkecil hati karena masih ada jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. UGM pada 2013 menyelenggarakan semua jalur penerimaan tersebut.

"Pada jalur SBMPTN UGM akan menerima 1.997 mahasiswa dan pada jalur Seleksi Mandiri menerima 1.331 mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran SBMPTN telah dimulai pada 13 Mei 2013 dan akan berakhir pada 7 Juni 2013. Pelaksanaan ujian tertulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 12 Juli 2013.

"Untuk Seleksi Mandiri UGM program sarjana pada 2013 dibagi menjadi dua jalur, yakni Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan Ujian Tulis (Utul)," katanya.

Menurut dia, jalur PBU meliputi PBU Tidak Mampu (PBUTM), PBU Berprestasi (PBUB), PBU Olahraga dan Seni (PBUOS), dan PBU Kemitraan (PBUK).

"Jalur PBU itu didedikasikan oleh UGM kepada masyarakat tidak mampu dan daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) serta calon mahasiswa berprestasi tetapi tidak dapat terjaring di SNMPTN dan SBMPTN," katanya.

Ia mengatakan, lulusan SMA/MA/SMK/MAK dan pendidikan setingkat SMA yang lulus pada 2013 dapat mengikuti jalur seleksi itu.

Pendaftaran PBUTM, PBUB, dan PBOS pada 20 Mei 2013 sampai 20 Juni 2013, sedangkan PBUK 20-31 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 31 Juli 2013.

Untuk pendaftaran Seleksi Mandiri jalur Utul akan berlangsung pada 20 Mei-1 Juli 2013. Ujian akan diselenggarakan pada 7 Juli 2013 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 31 Juli 2013.

Lulusan SMA/SMK/MA/MAK dalam dan luar negeri tahun 2013, 2012, dan 2011 atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya tahun 2013, 2012, dan 2011 dapat mengikuti jalur Utul.

"Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://um.ugm.ac.id. Ujian akan diselenggarakan di empat kota, yakni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan," katanya.

Menurut dia, UGM pada 2013 memberikan pilihan yang sangat luas bagi pendaftar karena Utul Program Sarjana diselenggarakan bersama dengan Utul Diploma Gelombang I.

Pendaftar Utul UGM di setiap kelompok ujian (sain teknologi, sosial humaniora, campuran) dapat memilih maksimal tiga program studi sarjana dan atau diploma.

"Jadi, pendaftar dapat memilih tiga program studi sarjana atau tiga program studi diploma atau tiga program studi campuran sarjana dan diploma," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013