Jakarta (ANTARA News) - Kini tersedia dua rute baru feeder atau  Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yakni Bekasi-Tanah Abang dan Bekasi - Bundaran HI di Halte Dukuh Atas

"Masing-masing rute akan disediakan 10 bus dengan tarif Rp5 ribu/orang untuk perjalanan/shelter busway dan Rp6500 untuk perjalanan paling jauh.," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Jakarta, Selasa.

Pristono yakin bahwa rute Bekasi-Tanah Abang akan mampu mengangkut sebanyak 4.800 penumpang setiap  perjalanan.

Sementara untuk Bekasi-Bundaran HI mencapai 5.780 penumpang/perjalanan.

"Setiap perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit," kata Pristono.

Rute perjalanan untuk APTB Bekasi-Tanahabang yakni Terminal Bekasi-Jl IR Juanda-Jl Joyomartono-Tol Cikampek-Tol Dalam Kota-Jl Gatot Subroto-Semanggi-Jl Jendral Sudirman-Jl MH Thamrin-Jl Kebon Sirih-Jl Facherudin-Jl Jati Baru kemudian berputar di bawah fly over Jati Baru.

Sementara untuk rute Bekasi-Bundaran HI melalui jalan Terminal Bekasi-Jl IR Juanda-Jl Joyomartono-Tol Cikampek-Tol Dalam Kota-Jl Gatot Subroto-Semanggi-Jl Jendral Sudirman-Bundaran HI.

Rute ini akan beroperasi selama 17 jam sejak pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Saat ini, DKI telah memiliki delapan rute APTB yakni Bekasi-Pulogadung, Tangerang-Taman Anggrek, Ciputat-Kota, Cibinong-Depok, Rawamangun-Bogor, Bekasi-Tanahabang, dan Bekasi-Bundaran HI.

Semua rute saling terintegrasi dengan bus Transjakarta dengan menggunakan jalur khusus.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013