Kami juga akan berupaya meningkatkan dana pembinaan terhadap atlet maupun pelatih,"
Kudus (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berupaya meningkatkan prestasi berbagai cabang olahraga melalui pembinaan atlet sejak usia dini, kata Bupati Kudus Musthofa.

"Dengan adanya peningkatan prestasi tersebut, diharapkan bisa membawa nama harum Kota Kudus di kejuaraan tingkat regional maupun nasional," katanya di Kudus, Kamis.

Ia mengakui prestasi yang ditorehkan sejumlah atlet di Kudus, semakin meningkat setiap tahun.

Hal itu, kata dia, dibuktikan dengan banyaknya atlet yang mencatatkan diri di berbagai kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional.

Untuk menunjang target peningkatan prestasi sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga, katanya, harus diimbangi pula dengan pembinaan atlet yang memadai.

Ia berharap para atlet dan pelatih terus meningkatkan prestasinya dengan berlatih giat dan tidak kenal menyerah.

"Target pencapaian juga harus selalu ditingkatkan. Kita juga harus punya mental baja dan semangat untuk maju dan tingkat sportivitas yang tinggi," katanya.

Dengan dukungan para atlet dan pelatih, dia yakin, Pemkab Kudus melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga akan fokus dalam pengembangan berbagai fasilitas serta sarana dan prasarana untuk berbagai cabang olahraga.

"Kami juga akan berupaya meningkatkan dana pembinaan terhadap atlet maupun pelatih," katanya.

Ketua KONI Kudus M. Ridwan mengatakan prestasi yang berhasil diraih Kudus memang meningkat.

Alokasi dana pembinaan yang diberikan kepada 300 atlet dan 60 pelatih, katanya, mencapai Rp205,55 juta.

Dana pembinaan itu, katanya, disesuaikan dengan kategori, seperti atlet yang pernah berlaga di kejuaraan SEA Games, PON, Porprov, dan lokal.

Sejumlah cabang olahraga yang masuk peringkat nasional, yakni badminton, tenis meja, dan bridge.

"Atlet panjat tebing asal Kudus juga ada yang mampu meraih medali perak pada kejuaraan tingkat ASEAN di Singapura pada 2011," katanya.

Dari puluhan cabang olahraga, terdapat 11 cabang olahraga yang berhasil mempersembahkan medali emas pada ajang Porprov 2009, serta 15 cabang meraih perunggu, dan 14 cabang meraih perak pada ajang serupa.

(KR-AN/M029)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013