Makassar (ANTARA News) - Lima gitaris kenamaan Indonesia dan 10 gitaris Makassar akan tampil di ajang Gitaran Sore di Pantai Losari, Makassar, pada Jumat, 24 Mei 2013.

Salah satu gitaris tanah air, Andy Owen yang akan tampil di ajang Gitaran Sore, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahim para gitaris. "Saya sendiri sudah empat kali main di Makassar," ujarnya pada jumpa wartawan di Makassar, Kamis.

Gitaran Sore adalah ajang kreatif yang digelar sejak 2011 di sejumlah kota di Indonesia, tidak hanya melibatkan para gitaris ternama tanah air, tetapi juga komunitas gitaris daerah.

Pemilik perusahaan penerbit Majalah Gitar Plus, C. Intan Pratiwi, sebagai penyelenggara, menjelaskan, Gitaran Sore pertama kali digelar di Kota Bandung sebagai acara untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Menyusul antusiasme penikmat musik, pihaknya kemudian menggelar kegiatan ini di empat kota di Indonesia pada 2011 yakni Bandung, Makassar, Surabaya dan Makassar.

Kemudian pada 2013, ajang ini digelar di 16 kota di Indonesia dan Makassar menjadi kota tempat penyelenggaraan ke-12 pada tahun ini kemudian akan dilanjutkan di Madiun, Bali, Bekasi dan Palembang.

Kegiatan ini juga telah melahirkan album kompilasi gitar "Nothing but Guitar" yang didalamnya berisi 10 karya diantaranya Balawan, Edo Widiz, Jubing Kristianto dan Jhon Paul Ivan yang diluncurkan pada 22 Maret 2013.

Hasil penjualan album kompilasi ini pun, dinilai Intan cukup menggembirakan dalam waktu satu bulan telah terjual 800 kopi bahkan saat ini kurang lebih mencapai 1.000 keping dari 2.000 yang dicetak. Ia tidak menutup kemungkinan akan lahir album "Nothing but Guitar" volume II yang melibatkan para gitaris lokal.

Andy Owen mengharapkan, lahir album kompilasi dari para gitaris dari Makassar sehingga karya-karyanya juga dapat dikenal di belantika musik tanah air bahkan internasional. "Saya berharap ada album kompilasi gitar minimal di daerah sendiri," ujarnya.

Menurut dia, album kompilasi gitar "Nothing but Guitar" juga didukung penuh oleh komunitas-komunitas gitar seperti Persatuan Gitaris Makassar. Diharapkan hal ini juga dapat juga mengubah paradigma, bahwa musik Indonesia ada yang "segmented".

Gitaris yang pernah berkiprah bersama grup musik Boomerang, Jhon Paul Ivan, mengharapkan para gitaris Makassar tidak berhenti menggali potensi diri hingga menemukan ciri dan jati diri.

Selain menampilan permainan gitar Jhon Paul Ivan, Edo Widiz, Andy Owen, Aria Baron dan Ginda Bestari dan 10 gitaris Makassar, Gitaran Sore juga akan berisi berbagi pengalaman dan edukasi seputar dunia gitar.

Pewarta: Riesmawan Yudhatama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013