Cannes, Perancis (ANTARA News) - Staf khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Cokorda Istri Dewi mengungkapkan dalam Festival Film Cannes yang berlangsung 5--26 Mei, banyak produser film asing yang menyatakan keinginannya untuk melakukan pengambilan gambar di Indonesia.

"Banyak insentif yang diberikan pemerintah Indonesia kepada produser film asing yang ingin melakukan syuting di Indonesia," ujar Cokorda Istri Dewi yang datang ke pavilion Indonesia di Internastional Village Festival Film Cannes, Cannes Perancis.

Film asing yang pernah syuting di Indonesia di antaranya "Eat Pray Love" yang dibintangi Julia Robert, dan mengambil gambar di Ubud, Bali.

Menurut Lorna Tee, produser film dan konsultan festival film yang bermarkas di Hong Kong, Indonesia memiliki keindahan alam mulai dari gunung, pantai dan juga tempat peninggalan sejarah seperti Borobudur.

"Harusnya Indonesia bisa mengeksplorasi berbagai daerah untuk bisa dijual dan menjadi tempat syuting film mancanegara," ujar Lorna Tee yang ikut memproduki film "Postcards from the Zoo" bersama sutradara Indonesia, Edwin, yang berhasil diputar dalam Berlinale, Berlin 2011.

Cokorda Istri Dewi mengatakan ada beberapa hal yang diberikan kemudahan bagi produser film asing yang melakukan syuting di Indonesia yaitu kebijakan keimingrasian yang dipermudah, pemberian visa, fasilitas bea cukai bagi peralatan yang dibawa serta berbagai izin yang perlu dikeluarkan bagi kegiatan syuting itu sendiri.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013