Beijing (ANTARA News) - Hubungan antara Beijing dan Washington sedang berada dalam "masa kritis", kata Presiden China Xi Jinping kepada penasihat senior Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin menjelang pertemuan dengan para pemimpin AS pekan mendatang.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Tom Donilon, berada di Beijing sebagai bagian dari rangkaian persiapan pertemuan tingkat tinggi pada 7-8 Juni mendatang di rumah peristirahatan Sunnylands di California, yang merupakan pertemuan pertama antara kedua pemimpin negara tersebut sejak Xi menduduki kursi kepresidenan pada Maret 2013, lapor AFP.

Pembicaraan yang muncul di tengah isu utama seperti ketegangan akibat percobaan nuklir terakhir Korea Utara pada Februari 2013 lalu adalah tuduhan pemerintah AS terkait mata-mata siber yang didukung pemerintah China, yang telah dibantah Beijing.

Isu lainnya adalah sengketa wilayah antara China dengan Jepang, serta dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara yang telah berupaya mencari bantuan penyelesaian dari AS, bersamaan dengan topik internasional yaitu cara penyelesaian perang sipil di Suriah.

"Hubungan China-AS saat ini berada di masa kritis untuk membangun di atas kejayaan masa lalu dan membuka dimensi baru demi masa depan," kata Xi kepada Donilon di Aula Besar Rakyat di Beijing.

Ia menyatakan menantikan kesempatan bertemu dengan Obama dan "berdiskusi panjang lebar dan mendalam terkait sejumlah isu-isu utama strategis yang berkaitan dengan kepentingan kedua pihak".

Donilon mengatakan kepada Xi bahwa "level baru dialog dan interaksi tingkat tinggi... beserta sejumlah kanal komunikasi lain antar para pejabat senior telah berperan besar meningkatkan hubungan kita (China-AS)".

Tempat pertemuan yang agak terpencil dan berjarak jauh dari Washington dimaksudkan untuk menciptakan situasi guna memperlancar hubungan, yang dianggap oleh kedua belah pihak sangat penting.

Lawatan Donilon menyusul serangkaian kunjungan dari beberapa pejabat tinggi AS, termasuk Menteri Keuangan AS Jacob Lew pada Maret 2013 dan Panglima Militer Tertinggi AS Martin Dempsey beserta Menteri Luar Negeri John Kerry pada April lalu. (G006/M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013