Pengalokasian anggaran untuk gugus depan akan mampu memaksimalkan berbagai kegiatan kepramukaan yang dimulai dari di tingkat paling bawah,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka H Azrul Azwar meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mengalokasikan anggaran kepada gugus depan (Gudep) di setiap kawasan.

"Pengalokasian anggaran untuk gugus depan akan mampu memaksimalkan berbagai kegiatan kepramukaan yang dimulai dari di tingkat paling bawah," katanya usai pelantikan pengurus Kamabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Aceh di Anjong Mon Mata, Selasa.

Menurut dia, dalam memaksimalkan kegiatan kepramukaan perlu dukungan dana dari pemerintah kabupaten/kota agar kegiatan yang dilaksanakan bisa berlangsung secara berkesinambungan.

"Pemerintah dapat mengalokasikan sedikit dana agar Gudep bisa eksis di setiap kawasan dalam membina dan melatih ketrampilan generasi muda di seluruh Provinsi Aceh," katanya.

Pihaknya optimistis hidupnya berbagai kegiatan di gugus depan akan menjadi salah satu pendorong untuk generasi muda lainnya untuk bergabung dalam organisasi tersebut.

Dijelaskannya, kegiatan kepramukaan direncanakan pada pertengahan tahun ini akan masuk dalam kurikulum menjadi kegiatan ekstrakurikuler di setiap lembaga pendidikan.

Ia juga menambahkan Gerakan Pramuka sebagai salah satu sarana pembentukan karakter, kepribadian dan berakhlak mulai harus mampu memperlihatkan keunggulannya agar menarik orang untuk ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

"Kami memberi apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih Pramuka Aceh dalam setiap kegiatan tingkat nasional maupun tingkat internasional. Setiap kegiatan kepramukaan Aceh selalu ambil bagian dan juga mengukir prestasi," demikian Azrul Azwar.
(KR-IFL/Z002)

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013