Brazil dinyatakan bebas dari penyakit sapi gila

Brazil dinyatakan bebas dari penyakit sapi gila

Ilustrasi. Dokter hewan melakukan pemeriksaan hewan ternak untuk vaksinasi di sebuah peternakan (ANTARA/AFP PHOTO/DONG-A ILBO)

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Organisasi Dunia bagi Kesehatan Hewan (OIE) telah menyatakan Brazil bebas dari penyakit sapi gila, kata Kementerian Luar Negeri Brazil pada Selasa (28/5).

OIE, yang berpusat di Paris, telah beberapa kali menyatakan resiko penyakit sapi gila di Brazil berada pada tingkat "yang tak berarti", sejak satu kasus "bovine spongiform encephalopathy" (BSE) ditemukan di Brazil pada 2010, sehingga membuat 17 negara memberlakukan larangan impor daging dari Brazil.

Penyakit penurunan fungsi syaraf yang mematikan itu, yang pertama kali ditemukan pada sapi di Inggris, telah menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa dasawarsa belakangan. Lebih dari 100 orang diduga telah terserang penyakit tersebut.

Namun, Direktur Jenderal OIE Bernard Vallat mengatakan ia tak melihat alasan bagi pembatasan semacam itu, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu. "Satu kasus pada sebanyak 200 juta sapi tak bisa dijadikan dasar bagi pengesahan perubahan status," katanya.

(C003)

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar