Penginapan menggunakan rumah gadang ini supaya lebih menonjolkan kultur budaya Solok Selatan yang kental,"
Padang Aro (ANTARA News) - Pengerjaan renovasi rumah gadang yang akan digunakan sebagai tempat menginap tim Tour de Singkarak (TdS) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, sudah 90 persen selesai.

"Untuk penginapan tamu maupun ofisial TdS di Solok Selatan kita gunakan yang berbeda, yaitu rumah gadang. Ini tidak ada di daerah lain. Saat ini renovasi sudah 90 persen selesai dan tinggal tahap akhir penyelesaian saja," Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Solok Selatan Epli Rahmat di Padang Aro, Rabu.

Semula Solok Selatan akan menyediakan 10 unit rumah gadang untuk penginapan dalam event TdS, namun hanya terealisasi enam unit.

Enam unit rumah gadang tersebut berada di tiga kecamatan berbeda, yaitu Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu dan Pauah Duo. Satu rumah gadang mampu menampung tamu sebanyak 25 orang, dimana keseluruhan rumah gadang yang akan digunakan diperkirakan bisa menampung 150 orang.

Menurut dia, tamu pada TdS nantinya diperkirakan terdiri atas ofisial sebanyak 300 orang dan tamu nasional sekitar 500 orang.

"Namun tidak semua dari mereka yang akan datang sebelum TdS melewati daerah itu karena kebanyakan akan mengikuti dari belakang dan beberapa mempersiapkan semua keperluan di Solok Selatan," katanya.

Untuk itu, jelasnya, enam unit rumah gadang diperkirakan sudah bisa menampung tamu yang akan datang ke Solok Selatan karena usai balapan semua ofisial dan timnya akan langsung menuju ke Padang.

"Penginapan menggunakan rumah gadang ini supaya lebih menonjolkan kultur budaya Solok Selatan yang kental," sebutnya.

Selain mempersiapkan rumah gadang, saat ini pemerintah setempat tengah pengerjaan sarana pendukung lainnya, seperti pembuatan toilet umum sebanyak lima unit di ruang terbuka hijau Muaralabuh dan kamar mandi.

Selain itu, tambahnya, juga sudah dipersiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti selimut, bantal, kasur yang layak sesuai standar perhotelan.

Sedangkan terkait jalan yang akan dilewati para pebalap yang berasal dari dalam dan luar negeri ini, sebutnya, saat ini tengah dilakukan perbaikan jalan mulai dari Alahan Panjang hingga ke Muaralabuh oleh pemerintah provinsi.

Solok Selatan, yang berjarak sekitar 135 kilometer dari Kota Padang arah timur sebagai lokasi finis TdS 2013 pada etape 5.

Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Kerinci ini baru masuk dalam daerah yang dilintasi TdS 2013 bersama Kabupaten Pasaman 

Pergelaran balap sepeda internasional Tour de Singkarak di Sumatera Barat pada 2013 akan melewati 16 kabupaten/kota, pada 3-9 Juni mendatang.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013