Kita akan tunjukkan kepada semua pihak bahwa suporter tidak selamanya susah diatur atau suka tawuran. Tapi kita bisa menjadi suporter yang bermartabat, kreatif walaupun tanpa atribut karena tujuan utama kami adalah mendukung PSIS secara positif,"
Semarang (ANTARA News) - Dua kelompok suporter PSIS yaitu Panser Biru dan Snex sepakat tidak mengenakan atribut kelompok mereka saat memberikan dukungan timnya menjamu Persip Pekalongan di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (1/6).

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan korwil-korwil untuk sosialisasi kesepakatan itu dan kita memang harus menyikapi secara bijaksana kesepakatan tersebut," kata Ketua Suporter Panser Biru Mario Baskoro di Semarang, Rabu.

Tidak memakai atribut tersebut sebagai hasil kesepakatan kedua suporter dengan Plt Wali Kota Semarang dan jajaran Muspida Kota Semarang pascatragedi bentrokan suporter dengan warga Godong usai PSIS melawan Persipur Purwodadi beberapa waktu lalu.

Saat memberikan dukungan pada tim, menurut dia, para suporter akan mengenakan atribut putih dan kelompok ini ingin menunjukkan bahwa mereka kelompok suporter yang dewasa.

"Kita akan tunjukkan kepada semua pihak bahwa suporter tidak selamanya susah diatur atau suka tawuran. Tapi kita bisa menjadi suporter yang bermartabat, kreatif walaupun tanpa atribut karena tujuan utama kami adalah mendukung PSIS secara positif," katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Snex Rendra Kumara. "Kami juga telah sepakat untuk sementara meninggalkan atribut kelompok mereka selama memberikan dukungan terhadap PSIS di Stadion Jatidiri Semarang.

Ia mengakui, selama ini kemungkinannya memang susah tetapi dirinya telah mensosialisasikan kepada anggotanya untuk tidak mengenakan atribut terlebih dulu dan semua sudah mengerti. "Yang jelas kita tetap solid mendukung PSIS," katanya.

Sebelumnya Ketua Panpel PSIS Dedi Satria Budiman juga berharap kedua kelompok suporter ini mampu menjalankan komitmen mereka untuk sementara meninggalkan stribut kelompoknya.

Pada saat menjamu Persip Pekalongan mendatang, kata dia, panpel telah menyiapkan petugas khusus yang akan dibantu perwakilan dari kelompok suporter untuk mengimbau mereka menanggalkan atributnya.

(H015/I007)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013