Penambahan anggota baru juga merupakan upaya penguatan organisasi untuk mendukung upaya mewujudkan tripanji AJI, yaitu kemerdekaan pers, profesionalisme, dan kesejahteraan jurnalis."
Bandarlampung (ANTARA News) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung siap melaksanakan rekrutmen anggota baru di sekretariatnya, Jalan Ahmad Yani, Gang Pioner, Bandarlampung, Sabtu (1/6) mulai pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan inventarisasi awal, Pengurus AJI Bandarlampung telah mengundang setidaknya sembilan jurnalis dari sejumlah media massa sebagai calon anggota baru, termasuk jurnalis yang berlatar belakang penulis lepas, kata Ketua AJI Bandarlampung, Yoso Muliawan, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, rekrutmen anggota baru itu bertujuan menambah kuantitas anggota AJI Bandarlampung yang kini berjumlah 40 orang.

"Penambahan anggota baru juga merupakan upaya penguatan organisasi untuk mendukung upaya mewujudkan tripanji AJI, yaitu kemerdekaan pers, profesionalisme, dan kesejahteraan jurnalis," ujarnya pula.

Namun Yoso berharap, rekrutmen anggota baru ini tidak sekadar menambah anggota AJI Bandarlampung dari sisi kuantitas, melainkan juga dari sisi kualitasnya.

"AJI tidak mentradisikan keanggotaan berdasarkan kuantitas semata, tetapi juga kualitasnya," kata dia lagi.

Anggota AJI di Bandarlampung, katanya menambahkan, memang tidak banyak, berjumlah 40 orang.

"Itu pun setelah melalui proses inventarisasi ketika masa kepengurusan sebelumnya dengan Ketua Wakos Reza Gautama, dari sebelumnya 57 orang. Paling penting, masing-masing anggota benar-benar memiliki integritas dan profesionalisme sebagai jurnalis, termasuk komitmen untuk menerapkan praktik jurnalis antisuap," katanya pula.

Calon anggota baru akan mengikuti sesi wawancara dengan beberapa anggota senior dan mantan ketua atau pengurus AJI Bandarlampung, seperti Budisantoso Budiman, Adian Saputra, dan Wakos Reza Gautama serta beberapa jurnalis anggota AJI Bandarlampung lainnya.

Setelah resmi menjadi anggota AJI, mereka akan mengikuti training ke-AJI-an agar dapat mengetahui lebih detail visi, misi dan garis perjuangan serta perilaku dan praktik standard kapasitas dan kompetensi jurnalis anggota AJI. (GTA/B014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013