counter

Libya cari berlian Khadafi di Afsel

Libya cari berlian Khadafi di Afsel

Almarhum Moamar Khadafi (istimewa)

Johannesburg (ANTARA News) - Libya menyeru pemerintah Afrika Selatan untuk membantu mendapatkan harta senilai lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp97 triliun) dalam bentuk berlian, emas, dan uang tunai yang dilarikan ke negeri itu oleh mendiang diktator Libya Moamar Kadhafi.

Koran Sunday Times melaporkan bahwa para penyidik Libyan telah melakukan pendekatan kepada Kementerian Keuangan dengan menyodorkan bukti bahwa aset-aset itu disimpan di empat bank Afrika Selatan dan dua perusahaan sekuritas negeri ini.

"Proses untuk memverifikasi klaim-klaim ini tengah berjalan," kata Juru Bicara Menteri Keuangan Pravin Gordhan, Jabulani Sikhakhane, seperti dikutip AFP.

Koran itu membeberkan surat-surat dari kementerian kehakiman dan keuangan Libya kepada timbalannya di Afrika Selatan guna mendapatkan bantuan dalam menemukan aset-aset milik Kadhafi yang diduga diduga didapatkan secara ilegal dan disembunyikan di Afrika Selatan.

Afrika Selatan adalah negara yang menentang intervensi militer NATO di Libya ketika pemberontak sedang bertarung melawan rezim Kadhafi.

Pemimpin veteran Libya ini sendiri tertangkap dan dibunuh pada Oktober 2011 ketika sedang berupaya kabur ke kota kelahirannya Sirte yang menjadi kota besar terakhir yang jatuh ke tangan pemberontak.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar