Munchen, Jerman (ANTARA News) - Hujan yang terus mengguyur Munchen di Negara Bagian Bavaria, Jerman Selatan, pada Minggu (2/6) menyebabkan keadaan darurat di banyak wilayah dan bahkan di negara tetangga.

Hujan yang terus turun selama sepekan membuat permukaan air bertambah tinggi di sebagian besar Bavaria Timur dan Selatan. Daerah Danube dan Inn paling terpengaruh.

Kota Passau, yang berada di tempat persimpangan Danube, Inn dan Ilz, sudah digenangi air. Aliran listrik di sebagian jalan telah diputus karena kekhawatiran mengenai keamanan.

Pemerintah Regensburg menyatakan akan mengambil keputusan tentang apakah 250 warga yang menghuni daerah itu mesti meninggalkan daerah mereka.

Menurut laporan Xinhua, permukaan air di Tegernsee di Bavaria baru-baru ini naik 10 sentimeter per jam. Pasokan listrik ke sana juga terganggu.

Beberapa bagian jalan raya A8 terendam air dari Danau Chiemsee. Layanan kereta juga menghadapi masalah besar di daerah yang kebanjiran dan beberapa jalur kereta terhalang.

Negara bagian yang bertetangga termasuk Saxony dan Baden-Wuerttemberg juga terpengaruh.

Pemerintah Republik Ceko telah mengeluarkan peringatan keadaan darurat. Austria dan Swiss --yang berada bersebelahan dengan Bavaria-- juga menghadapi banjir.

Jalur kereta dan jalan di kedua negara tersebut tergenang dan terhalang oleh batu besar, demikian laporan media setempat.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013