Bangunan di terminal relatif sudah tua sejak dibangun pada tahun 1970-an."
Bogor (ANTARA News) - Seiring rencana pembangunan optimalisasi aset Terminal Baranangsiang, Bogor, yang mulai dilaksanakan Juni ini, aktivitas di terminal tersebut akan dipindahkan ke Terminal Bubulak dan Terminal Wangun, Ciawi, mulai Rabu (5/6).

"Pengosongan terminal dimulai pukul 00.00 WIB," kata Kepala UPTD (Pelaksana Teknis Dinas) Terminal Empar Suparta yang ditemui di Kantor Terminal Baranangsiang, Selasa.

Empar mengatakan, sejak Selasa pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada sopir, penumpang, pengelola PO bus dan pedagang di terminal mengenai rencana pengosongan Terminal Baranangsiang.

Sosialisasi atau pemberitahunan kepada sopir dan penumpang bus dilakukan melalui pengeras suara yang disampaikan secara terus menerus.

Selain itu, DLLAJ juga menyediakan dua spanduk besar yang berisi pemberitahuan pengosongan terminal juga terpampang di pintu masuk dan keluar terminal.

Sementara itu petugas DLLAJ yang dibantu Polres Bogor Kota melakukan penempelan stiker di kaca depan bus.

"Stiker ini bertuliskan informasi keberangkatan bus di terminal Bubulak Kecamatan Bogor Barat dan Terminal Wangun Kecamatan Bogor Timur," kata Empar.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengosongan terminal dilakukan menyusul dimulainya rencana pembangunan optimalisasi aset Terminal Baranangsiang.

Pengosongan Terminal Baranangsiang mulai dilakukan pada Rabu (5/6). Selama proses pembangunan, operasional terminal bus dialihkan sementara ke Terminal Bubulak dan Terminal Wangun.

Asisten Tata Praja Pemerintah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat menjelaskan bahwa optimalisasi aset dilakukan mengingat kondisi terminal yang sudah kumuh dan semerawut.

"Bangunan di terminal relatif sudah tua sejak dibangun pada tahun 1970 an. Sehingga banyak bangunan tidak berfungsi secara optimal dan tidak mendukung perkembangan Kota Bogor yang saat ini kunjungan wisatawannya mengalami peningkatan," kata Ade.

Sementara itu, sejumlah pedagang dan juga penumpang bus di Terminal Baranangsiang masih dibuat bingung dengan rencana pengosongan terminal besok Rabu.

"Pembagiannya gimana, untuk bus tujuan Jakarta dipindahkan ke Bubulak apa Wangun yah," kata Andi Ardiansyah salah satu pengguna bus.

(KR-LR/T007)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013