Montreal (ANTARA News) - Tim Mercedes diperintahkan untuk menghadapi investigasi oleh mahkamah internasional untuk pengaturan balap mobil, International Motoring Federation (FIA), karena tuduhan melakukan uji ilegal ban Pirelli.

FIA sangat tegas dengan keputusannya dan jika mendapati Mercedes melanggafr ketentuan FIA maka tim Mercedez bisa dikenai sanksi, dari yang teringan berupa denda, sampai yang terberat dikeluarkan dari kejuaraand dunia balap Formula 1.

Pengumuman bahwa tim asal Jerman ini akan menghadapi investigasi lebih jauh ini dilakukan menyusul satu laporan dari para penjaga Grand Prix Monaco, Rabu larut malam waktu setempat.

Mercedes diinvestigasi oleh panitia lomba setelah muncul protes dari Ferrari dan Red Bull yang keduanya menuduh Mercedes melakukan uji ban Pirelli dalam Grand Prix Spanyol bulan lalu.

FIA menjelaskan bahwa mereka meminta informasi baik dari pihak yang terlibat maupun tim-tim pesaing Mercedez sebelum kemudian mereka mengambil kesimpulan.

Ironisnya uji ban Pirelli oleh Ferrari sendiri yang berlangsung pada April 2011 di Barcelona pada sebuah mobilnya diputuskan tidak menyalahi aturan. Kini Ferrari mengajukan aduan yang justru pernah dilakukannya, kepada Mercedes.

Pengumuman FIA ini dikabarkan tak berpengaruh apa-apa terhadap persiapan tim Mercedez dalam Grand Prix Kanada di Montreal pekan ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013