Warga Libya percaya kami dapat melewati kompetisi kualifikasi Piala Dunia dan mencapai putaran final untuk pertama kalinya,"
Johannesburg (ANTARA News) - Libya menikmati keuntungan menjadi tuan rumah di pertandingan kompetitif pada Jumat untuk pertama kalinya sejak 2010, ketika meneruskan perjuangan mereka untuk tampil di Piala Dunia.

Perang saudara yang mengakhiri rezim Moamer Khadafi yang berkuasa selama empat dekade membuat tim nasional tidak dapat bermain di negeri sendiri sejak memenangi kualifikasi Piala Afrika melawan Zambia.

Namun meski harus memainkan pertandingan-pertandingan "kandang" di Mali, Mesir, Tunisia, dan Maroko, "Ksatria-ksatria Mediterania" berada di posisi ke-13 pada peringkat Afrika FIFA bulan Mei.

Sekarang negeri Afrika Utara kaya minyak itu mengincar posisi teratas di Grup I, memenangi playoff dan mendapat satu tempat dari lima tempat yang tersedia untuk wakil Afrika, di Piala Dunia Brazil 2014.

Republik Demokratik Kongo merupakan lawan mereka akhir pekan ini, dan setelah dipaksa bermain imbang 0-0 di Kinshasa Maret lalu, Libya kini dapat meraih kepercayaan diri untuk mengamankan nilai maksimal.

"Warga Libya percaya kami dapat melewati kompetisi kualifikasi Piala Dunia dan mencapai putaran final untuk pertama kalinya," kata presiden federasi sepak bola nasional Anwar al-Tashani dikutip AFP.

"Para Ksatria" membuntuti raksasa tidur Kamerun dengan selisih satu angka di liga mini berisi empat tim, meski mampu mengalahkan tim yang enam kali mengikuti Piala Dunia itu dengan skor 2-1 di Tunisia pada Juni.

Dan mereka akan kembali menghadapi "Singa-singa Gagah Berani" pada September ini di Yaounde, mudah-mudahan sebagai pemimpin grup setelah pertandingan kandang melawan Republik Demokratik Kongo, dan Togo pada 14 Juni di Benina, di luar Benghazi.

Ketika "Para Ksatria" menikmati keuntungan bertindak sebagai tuan rumah pada dua akhir pekan berturut-turut, Kamerun yang tidak diperkuat Samuel Eto`o bermain di kandang Togo di Lome pada Minggu, dan Republik Demokratik Kongo pada 16 Juni di Kinshasa.

Otoritas sepak bola Libya tidak ingin memberi peluang terjadinya kekacauan menjelang pertandingan dengan "Leopard-leopard" Kongo di stadion nasional berkapasitas 60.000 penonton di ibukota Tripoli.

Polisi dan tentara akan membentuk pos-pos pemeriksaan di luar arena pertandingan, di kota dimana pasukan bersenjata dan tidak kenal hukum berpeluang menimbulkan masalah.

"Terdapat banyak persiapan keamanan untuk pertandingan melawan Republik Demokratik Kongo dengan pemindai-pemindai untuk memeriksa senjata-senjata," Al-Tashani mencoba meyakinkan media.

Libya memainkan pertandingan pemanasan pada akhir pekan lalu di Tripoli, mengungguli Uganda 3-0 dengan gol-gol yang dicetak oleh Mahamed al-Gnadoudi, Salem Ablou, dan Faisal al-Badri, dan pertandingan itu dapat berlangsung tanpa insiden.

Cedera otot paha belakang memaksa peraih empat penghargaan pemain terbaik Afrika Eto`o absen pada lawatan ke Togo, namun pelatih baru asal Jerman Volker Finke berharap sang bintang akan kembali dapat bermain di Kinshasa.

Nama-nama besar lainnya yang absen pada akhir pekan ini termasuk para penyerang Didier Drogba dari Pantai Gading, Demba Ba dari Senegal, dan Mohamed "Geddo" Naggy dari Mesir, serta gelandang Andre Ayew dari Ghana.

Drogba terpinggir dari timnas, meski pelatih Sabri Lamouchi mengatakan kepada situs resmi federasi sepak bola nasional pekan ini bahwa ia berencana memanggil kembali penyerang tajam Pantai Gading itu tahun ini.

Pantai Gading, yang unggul satu angka dari Tanzania di puncak klasemen Grup C dengan ancaman Maroko yang gagal diwujudkan, akan bertemu tim juru kunci Gambia pada Sabtu di Bakau.

Penyerang Chelsea Ba dicoret dari timnas oleh pelatih Senegal Alain Giresse untuk pertandingan sulit Grup J melawan Angola di Luanda pada Sabtu dengan situasi "Singa-singa Teranga" unggul satu angka di puncak klasemen.

"Senegal memiliki banyak penyerang dan saya memberi kesempatan pada yang lain," papar bintang lini tengah Prancis periode 1980-an Giresse setelah menggantikan Ba dengan penyerang Marseille Modou Sogou.

Cedera kaki memaksa penyerang tersubur di Piala Afrika 2010 "Geddo" yang memperkuat klub promosi Hull City absen saat menghadapi Zimbabwe pada Minggu di Harare.

"Pasukan Para Firaun" ditahan imbang 1-1 oleh Bostwana di Kairo pekan ini, namun dipanggil kembalinya pengatur permainan veteran Mohamed Abou Trika akan memberikan ancaman bahaya kepada "Para Prajurit."

Perbedaan-perbedaan antara Ayew dan pelatih Kwesi Appiah tetap belum terpecahkan, sehingga bintang Marseille sekaligus adik kandang Jordan Ayew itu absen pada Jumat ketika Ghana menghadapi Sudan di Omdurman.

Tidak ada pelatih yang lebih frustrasi daripada pelatih Afrika Selatan Gordon Igesund, di mana ia harus menghadapi kondisi cedera memaksa dua beknya Siboniso Gaxa dan Tshepo Masilela, serta gelandang Kagisho Dikgacoi absen.

Kualitas bertarung Dikgacoi akan sangat dirindukan saat "Bafana-Bafana" menghadapi Republik Afrika Tengah di tempat netral, Yaounde, karena Bangui dinyatakan masih tidak aman.

Masalah-masalah penerbangan di Kamerun berarti Afrika Selatan, yang membuntuti pemuncak klasemen Grup A Ethiopia dengan selisih dua angka, hanya akan menjalani satu sesi latihan sebelum pertandingan Sabtu.

(H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013