jika Belanda bermain ingin menyenangkan publik mungkin gol yang tercipta hanya sedikit"
Jayapura (ANTARA News) - Pelatih Persidafon Dafonsoro Erens Pahelerang menilai laga persahabatan timnas senior melawan Belanda malam nanti bisa memberikan ilmu kepada pelatih dan pemain Indonesia.

"Saya yakin sekali pertandingan nanti malam akan berjalan seru. Pelatih Jakcsen F Tiago dan sejumlah pemain yang akan turun pada laga nanti malam akan mendapatkan pengalaman berharga bermain dengan tim dunia, timnas Belanda," kata Erens kepada ANTARA, Jumat.

Mantan asisten pelatih almarhum Iswadi Idris di Perkesa Jakarta Selatan era Galatama ini yakin jika Belanda bermain serius maka pasti akan banyak gol tercipta ke gawang timnas Senior.

"Tetapi jika Belanda bermain ingin menyenangkan publik mungkin gol yang tercipta hanya sedikit," kata Erens yang mengaku menyukai timnas Belanda.

Sedangkan pelatih Uncen Fc Daniel Womsiwor menilai tim asuhan Loius Van Gaal itu ingin memberikan hiburan kepada publik Indonesia dengan bertanding melawan timnas senior.

"Maka bukan tidak mungkin gol yang tercipta di bawah lima gol. Tapi jika sebaliknya Indonesia bermain menyerang dan terbuka sudah pasti Belanda akan memberikan penyerangan total football," katanya.

Daniel menambahkan, "Yang pastinya mereka akan bermain dengan sepakbola gaya moderen. Apalagi sejumlah pemainya baru saja memenangkan laga di berbagai klub yang diikuti mereka".

Dia menyebut Robin Van Persie dari Manchester United, Arjen Roben dari Bayern Munchen, dan Wesley Sneider dari  liga Turki serta sejumlah pemain internasional Belanda lainya.

"Mereka semua sudah pasti akan bermain dengan gaya yang menakjubkan. Dan ini kesempatan emas bagi kita untuk menimba ilmu," kata pengidola total football ala Belanda itu.

Sementara direktur sekolah sepak bola Embun Syklop Uni Papua Benny Pepuho mengatakan laga ini beda kelas . "Tetapi jangan melihat ke situ dan hasil akhirnya. Tapi kita lihat apa yang bisa dipetik dari pertandingan tersebut," katanya.

Dia yakin  pelatih Jacksen F Tiago sudah  menyiapkan timnas senior dengan baik dan akan memperlihatkan caranya meracik tim agar bisa meladeni Robin Van Persie dan kawan-kawan, sekaligus berguru kepada Belanda.

Benny mengusulkan agar Jacksen memainkan Sergio Van Dyik sebagai goal getter, sedangkan Boas Salossa dan Greg Nwokolo sebagai second striker di belakang Van Dyik.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013