Saya sangat setuju bahwa Pajak dan Bea Cukai personelnya harus diperbanyak. Tidak hanya sekedar menambah, namun juga harus diisi orang-orang yang berkualitas, berintegritas dan memahami tugasnya dalam mengawal pendapatan negara,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan setuju dengan rencana penambahan pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai untuk mengawal serta meningkatkan penerimaan dari sektor perpajakan.

"Saya sangat setuju bahwa Pajak dan Bea Cukai personelnya harus diperbanyak. Tidak hanya sekedar menambah, namun juga harus diisi orang-orang yang berkualitas, berintegritas dan memahami tugasnya dalam mengawal pendapatan negara," ujar dia di Jakarta, Jumat.

Hatta mengatakan bahwa masih banyak potensi penerimaan dari sektor perpajakan yang dapat dilakukan, terutama melalui pelebaran wajib pajak dan meningkatkan kualitas serta menambah pegawai yang bertugas mengawal penerimaan negara.

"Masih banyak potensi yang harus digali, salah satu faktor yang bisa itu disamping peningkatan kualitas dan sistem reformasi pajak dan perbaikan kualitas sumber daya manusia, juga adanya penambahan personil," ujar dia menegaskan.

Hatta yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) itu mencontohkan potensi penerimaan dari bea dan cukai dapat lebih meningkat, apabila ada jumlah pegawai yang memadai dan berkualitas dalam menjaga pelabuhan, serta mampu mengatasi berbagai bentuk penyelundupan.

"Ini perlu mendapatkan perhatian, banyak daerah dengan sumber daya alam yang berpotensi menyumbang peningkatan pendapatan negara, yang berhubungan dengan ekspor dan pelabuhan yang memerlukan pengawasan bea cukai," kata Hatta, menjelaskan.

Untuk itu, menurut dia, usulan penambahan pegawai tersebut dapat dipertimbangkan, karena dengan demikian penerimaan dari sektor perpajakan dapat terjaga dan mencapai target yang ditetapkan dalam APBN.

"Ini bisa dibicarakan nanti, karena menurut saya itu penting," ujar Hatta.
(S034/M026)

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013