Moskow (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Sabtu, mengatakan bahwa Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mendukung konferensi Jenewa II mengenai Suriah.

Lavrov dan Sekretaris Jenderal OKI Ekmeleddin Ihsanoglu mengadakan pertemuan di Moskow pada hari sebelumnya di mana mereka membahas kerja sama antara Rusia dan OKI serta isu-isu dunia Islam, khususnya krisis Suriah.

Pada akhir pertemuan, Lavrov mengatakan kepada wartawan bahwa selama pembicaraan kedua pihak telah mencari jalan untuk memperluas hubungan antara Rusia dan OKI.

Dia meminta OKI untuk memainkan peran yang lebih efektif dalam menyelesaikan masalah regional dan internasional.

Lavrov mencatat bahwa Rusia sebagai anggota pengamat OKI Suriah menghadiri semua pertemuan organisasi, demikian seperti yang dilaporkan IRNA.

Dia mengatakan bahwa selama pertemuan ia telah diberitahu Ihsanoglu tentang upaya yang dilakukan oleh Rusia dan sekutu-sekutunya untuk mengadakan konferensi internasional tentang Suriah di Jenewa dan hambatan-hambatan yang dialami.

Dia meminta kelompok oposisi Suriah dan negara-negara berpengaruh di kawasan seperti Iran dan Mesir untuk membantu membawa perdamaian bagi Suriah dan membuka jalan bagi pembentukan sebuah pemerintahan transisi di negara itu.

Dia mengatakan bahwa Rusia dan OKI mempunyai sikap yang sama mengenai masalah Palestina dan krisis di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dia juga menyatakan kesediaannya Rusia untuk lebih bekerja sama dengan OKI guna membantu memperbaiki situasi di Afghanistan.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013