counter

Aiman Cahyadi pebalap Indonesia terbaik TdS 2013

Aiman Cahyadi pebalap Indonesia terbaik TdS 2013

Pemenang Etape Ke-6 Pebalap Filipina Ronnel Hualda mengangkat tangannya ketika mencapai garis finis pada etape keenam dengan rute Pariaman-Painan Tour de Singkarak 2013, Sumatera Barat, Sabtu (8/6). Pebalap dari tim 7 Eleven Phillipina tersebut memenangi etape keenam dengan catatan waktu 3 jam 30 menit 07 detik. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Padang (ANTARA News) - Aiman Cahyadi menjadi pebalap Indonesia terbaik atau perebut "red and white jersey" Tour de Singkarak (TdS) 2013 yang menempuh 1.057 km dan berakhir di Kota Padang, Minggu, dengan catatan waktu 26.22.27.

Pebalap muda yang memperkuat Timnas Indonesia ini memastikan diri untuk menjadi terbaik pada etape tujuh dari Padang Pariaman menuju Padang Circuit Race dengan jarakk tempuh 143,5 km meski tidak masuk dalam 10 besar.

Sebelum menyelesaikan etape tujuh ini, Aiman Cahyadi sebenarnya mendapatkan saingan dari rekan satu timnya di Timnas Indonesia yaitu Robin Manulang karena hanya selisih poin 38 detik. Hanya saja tekanan itu mampu diatasi dengan baik.

Pebalap yang diproyeksikan turun di SEA Games 2013 Myanmar ini mengaku puas dengan apa yang telah didapatnya. Hasil yang diraih ini selain hasil kerja keras juga hasil kerja sama tim.

Pada Tour de Singkarak 2013 Timnas Indonesia turun dengan tujuh pebalap yaitu Ryan Areihan, Fatahillah Abdullah, Bambang Suryadi, Aiman Cahyadi, Rastra Patria Dinawan, Robin Manulang dan Rohmad Nugraha. Hanya saja Ryan harus mundur karena mengalami kecelakaan di etape dua.

"Sebenarnya ya belum puas karena saya kira bisa lebih baik. Mungkin pengalaman yang menjadi kendala di sini," kata Aiman Cahyadi usai menyelesaikan etape tujuh.

Menurut dia, pada etape tujuh ini dirinya berusaha menyodok ke barisan depan. Hanya saja menjelang finis banyak pebalap yang mempunyai spesialisasi sprint langsung menyodok kedepan termasuk sang pemenang Mehdi Sohrabi.

Dengan hasil ini, kata dia, akan dijadikan bekal untuk memnghadapi SEA Games 2013, apalagi pada Tour de Singkarak 2013 juga diikuti oleh pebelap-pebalap ASEAN seperti dari Malaysia, Filipina, Vietnam maupun Singapura.

"Kita sudah mulai tahu karakter mereka. Tapi kita harus tetap berlatih dan memperbaiki kekurangan yang selama ini ada," kata pebalap yang memperkuat klub UBK ini.

Sementara itu, untuk posisi kedua tetap dipegang oleh Robin Manulang dari Timnas Indonesia dengan catatan waktu 26.23.05. Sedangkan untuk posisi ketiga direbut oleh Hari Fitrianto yang memperkuat CCN Cycling Team Brunei dengan catatan waktu 26.23.19.

Selain mampu menjadikan Aiman Cahyadi sebagai pebalap terbaik untuk kategori nasional, Timnas Indonesia juga mampu mencapai target yang yaitu peringkat tiga secara umum untuk kategori tim dengan waktu 79.05.51.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar