Petani tidak usah khawatir, karena secara umum stoknya masih cukup banyak dan dipastikan aman hingga beberapa bulan ke depan,"
Karawang (ANTARA News) - Kebutuhan akan pupuk urea di Jawa Barat dan sekitarnya hingga beberapa bulan ke depan dipastikan aman menyusul masih mencukupinya pasokan pupuk dari PT Pupuk Kujang.

"Petani tidak usah khawatir, karena secara umum stoknya masih cukup banyak dan dipastikan aman hingga beberapa bulan ke depan," kata Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Tjahjono, di Karawang, Minggu.

Sesuai dengan data dari Humas PT Pupuk Kujang, hingga awal Juni 2013 stok pupuk urea masih surplus jika dibandingkan dengan tingkat kebutuhan pupuk di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Kebutuhan akan pupuk urea di wilayah Jawa Barat sekitarnya hingga pertengahan Juni 2013 diprediksi mencapai 43.800 ton. Tetapi stok yang melebihi kebutuhan itu mencapai 85.700 ton.

Dengan demikian, stok pupuk urea untuk memenuhi kebutuhan para petani di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya masih surplus 31.900 ton.

"Stok pupuk itu tersimpan di gudang PT Pupuk Kujang yang berada di berbagai daerah sekitar Jawa Barat," katanya.

Begitu juga untuk kebutuhan petani di Kabupaten Karawang, dipastikan tetap aman hingga beberapa pekan ke depan, karena stok pupuk yang ada cukup banyak.

Stok pupuk khusus untuk memenuhi kebutuhan para petani di berbagai daerah sekitar Karawang hingga kini mencapai 2.622 ton. Jumlah stok itu dipastikan cukup hingga beberapa ke depan.
(KR-MAK/H-KWR)

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013