Lokasi Borobudur Travel Mart digelar di Grand Artos Aerowisata, Magelang, pada tanggal 14--16 Juni,"
Semarang (ANTARA News) - "Borobudur Travel Mart" (BTM) tahun ini kembali digelar di Magelang dan sudah terdaftar sebanyak 106 pelaku usaha wisata sebagai penjual.

Direktur Promosi dan Pemasaran, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jateng Sugeng Sugiantoro di Semarang, Senin, menjelaskan bahwa 106 pelaku usaha tersebut mayoritas berasal dari Jawa Tengah dan sisanya dari daerah lain, seperti Jakarta, Palangkaraya, Bogor, dan Malang.

"Sementara itu, ada 85 buyer dari dalam negeri dan luar negeri," katanya.

Mereka yang berasal dari dalam negeri, seperti dari Bali, Bandung, Banyuwangi, Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Pekanbaru, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Yang berasal dari luar negeri, seperti dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Saudi Arabia, dan Filipina.

Sugeng mengatakan, pada tahun lalu, Borobudur Travel Mart digelar di Magelang pada bulan Oktober dan tahun ini lebih awal digelar Juni karena masuk bagian rangkaian Borobudur International Festival 2013.

Borobudur Travel Mart merupakan kegiatan yang mempertemukan pelaku usaha wisata dengan para pembeli dan dipastikan akan memberikan dampak ekonomi yang relatif cukup tinggi.

"Lokasi Borobudur Travel Mart digelar di Grand Artos Aerowisata, Magelang, pada tanggal 14--16 Juni," katanya.

Ditanya target transaksi Borobudur Travel Mart, Sugeng mengaku bahwa pihaknya belum dapat menyebutkan secara nominal karena berdasarkan pengalaman tahun lalu hasil transaksi secara detail dipegang oleh masing-masing pelaku usaha wisata.

(N008/D007)

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013