Jakarta (ANTARA News) - CEO Apple Tim Cook, pada Worldwide Developer Conference (WWDC) 2013, mengatakan perusahaannya sudah menjual lebih dari 600 juta perangkat berbasis iOS.

Seperti dilansir TechCrunch, Selasa, jumlah ini memang kalah banyak dari perangkat Android dari Google. Di ajang konferensi pengembang Google I/O, pembuat platform Android itu mengklaim lebih dari 900 juta perangkat Android sudah diaktifkan di seluruh dunia.

Walaupun secara kuantitas kalah banyak, Apple mengungkap data yang menunjukkan lebih baik dari Google.

Apple mengaku pengguna iOS menghabiskan waktunya sekitar 50 persen lebih banyak dibandingkan yang dipakai pengguna Android pada perangkatnya.

Apple juga memakai data survei lembaga analisa JD Power untuk memperlihatkan tingkat kepuasan lebih tinggi didapatkan oleh pengguna iOS daripada pengguna Android dan Windows Phone.

Harga saham Apple dikabarkan turun sekitar 23 persen tahun lalu akibat menguatnya Android di pasaran yang memang makin mendominasi pangsa pasar platform dan makin jauh meninggalkan iOS.

Perangkat berbasis Android telah berhasil menguasai China yang telah menjadi pasar smartphone terbesar dalam enam bulan terakhir.

Namun, untuk saat ini Apple masih memimpin dengan mencetak laba terbesar dan waktu yang dihabiskan pengguna aplikasi bersama perangkat buatannya.

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013