Kami bangga Barongsai telah menjadi anggota KONI, bahkan setiap insan olahraga Barongsai setiap bertemu orang yang dikatakan adalah `kami masuk KONI`,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) Dahlan Iskan menyatakan induk organisasi olahraga yang dipimpinnya akan tunduk pada payung aturan KONI Pusat.

"KONI Pusat merupakan payung bagi federasi kami, dan kami akan tunduk kepada aturan KONI," kata Ketua Umum PB FOBI periode 2012 - 2016, saat bersama penguru PB FOBI lainnya dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Dahlan Iskan yang juga adalah Menteri BUMN itu bahwa dirinya sangat lega dengan masuknya olahraga Barongsai menjadi anggota KONI.

"Kami bangga Barongsai telah menjadi anggota KONI, bahkan setiap insan olahraga Barongsai setiap bertemu orang yang dikatakan adalah `kami masuk KONI`," kata Dahlan Iskan yang mengaku telah 10 tahun berkecimpung di olahraga Barongsai itu.

Ketua Umum PB FOBI menceritakan bahwa sebelumnya, insan Barongsai sulit untuk bersatu, namun akhirnya mereka bisa juga bersatu bahkan masuk KONI.

"Kita semua bahagia, bersatu itu ternyata menarik," katanya.

"Kami berjuang keras untuk bersatu untuk bisa masuk KONI," tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat menyatakan selamat kepada para pengurus PB FOBI yang baru dilantiknya itu.

"Barongsai itu sekarang menjadi olahraga prestasi, maka perlu dibina dan dikembangkan dengan baik," kata Tono.

Barongsai disetujui masuk sebagai cabang olahraga baru di KONI pada 21 Pebruari 2013 dan PB FOBI kini menaungi lima organisasi Barongsai di Indonesia yaitu: Persobarin, Pernabi, ALBSI, PLBB, ALBA.

PB FOBI berencana mengajukan diri menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Barongsai ke-V IDLDF (International Dragon and Lion Dance Federation) 2014.

Dalam pelantikan itu, selain Ketua Umum PB FOBI, juga dilantik Kuncoro Wibowo sebagai Wakil Ketua Umum, Ketua Harian Budi S. Tanuwibowo, serta pengurus bidang-bidang.

(A020/D011/I014)

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013